leonews.co.id
Berita Pilihan

Bupati Serang Libatkan Pemuda  Sebagai  Penggerak  LKBA  2020

Serang, ( leonews.co.id ) – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menargetkan  kalangan pemuda menjadi motor penggerak pada Program Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) tahun 2020. Hal itu, sebagai upaya agar program yang dilaksanakan lebih baik dari sebelumnya.

 

Oleh karena itu, Tatu  berinisiatif pada komponen penilaian pada LKBA tahun 2020 ditambahkan. Sehingga. “Penilaian juga diberikan untuk kepemudaan dan  camat  sebagai penggerak semangat masyarakat,” ujarnya usai rapat koordinasi program LKBA tahun 2020 bersama para camat, TNI, Polri dan instansi yang juga dihadiri Wakil Bupati Pandji Tirtayasa di Pendopo Bupati pada Kamis (06/02/2020).

 

Tatu mengakui, jika keberhasilan program LKBA hasil kerjasama antara  Pemerintah Daerah (Pemda), camat, dan kepala desa. “Makanya saya bersama TNI dan Polri sepakat akan melakukan perbaikan program LKBA kedepannya,”ujarnya.

 

Tatu juga menyayangkan bahwa pada LKBA 2019 respon masyarakat masih rendah. Tercatat, dari 326 desa se Kabupaten Serang hanya 240 desa yang mengikuti program tersebut. “Dari situ terlihat antusias masyrakat masih kurang, itu yang harus terus dorong yang penting mereka mau dulu untuk menjaga kebersihan di lingkungan atas kemauannya sendiri,”terang Tatu.

 

Diketahui, pada program LKBA tahun 2020 akan diikuti sebanyak 1.511 Rukun Warga (RW) di 326 desa yang tersebar di 29 kecamatan dan sosialisasi sudah dilakukan di setiap kecamatan. “Kalau untuk roadshow dimulai Februari ini,” jelas Tatu.

 

Sementara Wakil Bupati Serang, Pandji Tirtayasa berharap, dengan kembali dilaksanakan LKBA bisa menjadi daya rangsang masyarakat peduli akan kebersihan kampungnya masing-masing. Maka, program LKBA tidak hanya dilakukan sekali perlu dilakukan berulang-ulang. “Kalau masyarakat belum sadar akan kebersihan dan keamanan, maka kita tambah lagi setiap tahunnya dilaksanakan sampai masyarakat sadar,” ujarnya. (Addin)

Related posts