leonews.co.id
artikel untuk leo

SMKN 1 Tanara, Dipercaya Selenggarakan “Pameran Hasil Karya Peserta Didik dan Start Up Bisnis Tahun 2021”

Share this article

SERANG (leonews.co.id) – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1, Tanara, Kabupaten Serang, Provinsi Banten menyelenggarakan “Pameran Hasil Karya Peserta Didik dan Start Up Bisnis Tahun 2021” . Selasa 14 september 2021. Pameran tersebut, merupakan program dari Kementerian Pendidikandan kebudayaan tahun ini.

Acara pembukaan pameran dilakukan oleh kepala dinas prop. Banten H. Tabrani, M.Pd. Turut mendampingi Kadisdik saat itu, Kepala Bidang (Kabid) (Kabid) SMK  Arkani, S.PT, M.Si kabid bidang ketenagakerjaan Ismail, S.STP, M.Si, Kepala KCD Seragon Ahmad Suhaeri,S.Pd, M.Si, serta Plt. SMKN 1 Tanara.

Kepala SMKN 1, Tanara Hj Halimah. M.pd , menyebutkan hal ini terselenggara atas kepercayaan kementrian pendidikan dan kebudayaan.- melalui Direktorat SMK. “Kami bersyukur atas kepercayaan yang diberikan kepada SMKN 1 Tanara, hingga sekolah ini juga  masuk dalam daftar yang dipercaya untuk menjadi bagian dari program setingkat kemeterian.

Menurut Halimah, pihaknya juga bersyukur karena acara yang dipercayakan itu, bisa terselenggara dan sukses di tengah pandemic covid19 seperti saat ini. “Saya melihat para siswa sangat antusias  dalam mengembangkan kreatifitasnya,”  kata  Halimah kepada leonews.co.id.

Adapun berbagai macam hasil kreativitas siswa dan siswi SMK Negeri 1 Tanara yang dipamerkan meliputi :

  1. Produk Kreatif dari Jurusan Tata Busana (TB)
  2. Produk Kreatif dari Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP)
  3. Produk Kreatif dari Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR)
  4. Produk Kreatif dari Jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB)

Produk-produk yang dibuat oleh siswa-siswi SMK Negeri 1 Tanara tersebut,  bukan hanya sekedar untuk dipamerkan tapi juga laku terjual. Baik melalui layanan offline maupun online.

Adapun untuk penjualan secara online, dilakukan melalui marketplace shopee dengan nama toko TANARA STORE (https://shopee.co.id/tanara_store), dan alhamdulillah beberapa produk kreatif yang dibuat siswa-siswi tersebut laku terjual.

Selain melaksanakan kegiatan Pameran Hasil Karya Peserta Didik dan Start Up Bisnis, SMK Negeri 1 Tanara juga melakukan launching Teaching Factory (Unit Produksi) untuk jurusan Tata Busana.

Diharapkan, program serupa dapat lebih berkembang, sehingga para siswa/siswi lebih berinovasi dalam potensi dirinya masing-masing menuju “Indonesi Bisa”  sesuai standar industry.

Penulis : Nasri

Editor    : Wisnu Bangun

 


Share this article

Related posts