leonews.co.id
artikel untuk leo Berita Pilihan Kabar 34 Provinsi Peristiwa

Momentum 60 Tahun Gerakan Pandu Dan Kepanduan Indonesia

Share this article

leonews.co.id – Hari Pramuka diperingati setiap tahun pada tanggal 14 Agustus. Tahun ini, menjadi momentum 60 tahun kiprah Gerakan Pramuka di Indonesia, dengan mengusung tema “Pramuka berbakti tanpa henti dalam memasuki adaptasi kebiasaan baru dengan kedisiplinan dan kepedulian nasional”

Gerakan Pramuka dibentuk dalam keputusan Presiden Nomor 238 Tahun 1961.

Majelis Pimpinan Nasional Gerakan Pramuka dilantik pada tanggal 14 Agustus 1961, maka setiap tahun pada tanggal tersebut selalu diperingati sebagai Hari Pramuka.

Sebelum Kemerdekaan RI, gerakan kepanduan yang menjadi cikal bakal gerakan kepramukaan telah lama hadir.

Munculnya gerakan kepanduan di Indonesia, berawal dari dua orang tokoh organisasi kepanduan Belanda. P. Y. Smits dan Majoor De Yager, tokoh organisasi Nederlands Padvinders Organisatie (NPO).

Pada tahun 1912, Smits dan Yager mendirikan cabang NPO di Jakarta, yang harusnya diperuntukkan bagi remaja dan pemuda Belanda yang tertarik dengan kegiatan kepandu.

Pada 4 September 1914, nama NPO diubah menjadi Nederlands Indische Padvinders Vereniging (NIPV) dan mulai menerima remaja Bumiputera.

Pada tahun 1916, hadirnya organisasi Padvinders Nasional, yang bernama Javaanse Padvinders Organisatie (JPO), yang di prakarsai oleh Mangkunegaran VII di Surakarta, Jawa Tengah.

Kemunculan JPO mendorong lahirnya berbagai organisasi sejenis, yang bernaung di bawah organisasi Kebangsaan dan Keagamaan yang ada pada saat itu.

Pada masa itu, terdapat persamaan gerakan kepanduan, yakni bersikap pro atau mendukung kemerdekaan Indonesia dari jajahan Belanda.

Akan tetapi, sikap itu ditentang oleh pemerintah kolonial Belanda, sehingga melarang organisasi tersebut untuk mengunakan nama “Padvinders” dan “Padvinderij”.

Pada tahun 1928, salah seorang tokoh Nasional Haji. Agus Salim, mengusulkan nama “Pandu” dan “Kepanduan” untuk menganti nama yang dilarang oleh Belanda. (Red)


Share this article

Related posts