leonews.co.id
Berita Pilihan Headline Kabar 34 Provinsi

144.327 Pekerja Migran Kembali ke Indonesia

Jakarta, (leonews.co.id) – Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Doni Monardo mengatakan, saat ini ada 144.327 Pekerja Migran Indonesia (PMI) telah kembali ke Tanah air. 103.000 telah dipulangkan ke kampung halaman masing-masing, 41.000 masih dikarantina.

Doni Monardo menjelaskan laporan data dari kementerian tenaga kerja dan BNP2TKI tentang kepulangan warga negara Indonesia tercatat 144.327 orang, yang sudah kembali ke kampung halamannya mencapai lebih dari 103.000 orang. “Artinya, masih ada sekitar 41.000 orang yang harus kami layani, harus kami urus agar mereka juga mendapatkan pelayanan terbaik.” Jelasnya dalam rapat bersama Komisi X DPR, Rabu (17/06/2020).

Menurut Doni, pemerintah telah menyiapkan tempat karantina dibeberapa lokasi. Selain DKI Jakarta, tempat karantina ada di Bali, Batam, Kalimantan Utara dan Kalimantan Barat.

Doni menyebutkan, sebagian TKI yang kembali ke Indonesia positif Covid-19. Padahal, mereka sudah mendapatkan surat keterangan sehat dari negara keberangkatan.

Menurut dia, pemerintah merawat para pekerja migran yang positif hingga sembuh sebelum dipulangkan ke kampung halaman. “Kami bersyukur tim gabungan dari semua kementerian/lembaga berkerja keras sehingga yang positif dirawat, setelah dinyatakan sembuh dikembalikan ke kampung halaman.” Ujarnya.

Kata Doni, ada beberapa pekerja migran yang tidak mau di pulangkan ke kampung halaman. Alasannya, mereka menunggu aktivitas di DKI Jakarta dimulai untuk mendapatkan pekerjaan baru. “Sebagian besar adalah ABK yang kerja di kapal pesiar.” Kata dia. (Addin/Vena/Red)

Related posts