leonews.co.id
Berita Pilihan

Pemkab Lebak laksanakan apel persiapan penanaman lahan dan reboisasi pasca bencana

Lebak ( leonews.co.id ) – Bupati Lebak  Iti Octavia Jayabaya, Di Dampingi Sekretaris Daerah. Dede Jaelani berserta para kepala OPD dan Camat mengikuti Apel pilot projek penanaman dan reboisasi pasca bencana banjir dan tanah longsor.

Kegiatan tersebut dilakukan di Kecamatan Lebak gedong yang di ikuti juga oleh masyarakat, TNI/POLRI dan anggota BNPB, bertindak sebagai pembina apel Bupati Lebak, Kegiatan reboisasi ini sebagai proses penanaman kembali lahan lahan yang terdampak bencana longsor.

Menurut Bupati Lebak dalam sambutannya menyampaikan penanaman pohon vetiver sesuai arahan Bpk. Presiden RI bersama Masyarakat, TNI/POLRI, BNPB Pusat dan seluruh elemen yg ikut terlibat. pencanangan “penanaman dan reboisasi ini sebagai pemulihan lahan dan sosial ekonomi masyarakat pasca terjadinya bencana”, ujarnya.

“Pemulihan lahan perlu dilakukan di hulu,karena perlu di ketahui terjadinya longsor salah satunya diakibatkan banyaknya pembukaan lahan,untuk itu kepada seluruh aparatur dan masyarakat agar kita menjaga alam dengan kita menjaga alam maka alam akan menjaga kita serta melaksanakan penanggulangan bencana secara menyeluruh dan cepat”, Jelasnya

“Bupati berharap semoga kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan agar alam menjadi hijau dan Lebak menjadi asri kembali serta menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk melakukan penanaman di daerah daerah rawan longsor”, lanjutnya.

Sementara itu Tenaga Ahli BNPB Pusat Mayjend TNI Prn. Amrin.MAP saat dijumpai media mengungkapkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan arahan Bapak Presiden RI dan dilaksanakan secara nasional dan bertahap.

“Kegiatan penanaman Pohon ini sebagai bentuk reboisasi hutan yang terdampak longsor, tanaman yang di tanami pula berbabagi macam yang nantinya akan mampu menahan air sehingga tidak terjadi longsor pada masa mendatang.”Ungkapnya. (Kominfo/Addin)

Related posts