leonews.co.id
Advertorial

Banten Jadi Provinsi Pertama se-Indonesia Launching “Road Tax*

Share this article

leonews.co.id – Pemerinta Provinsi (Pemprov) Banten melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Banten melaunching penerapan program digitalisasi Road Tax. Yaitu melalui stiker berpengaman hologram sebagai bukti pembayaran pajak kendaraan bermotor di UPTD PPD Cikande, Kabupaten Serang, Senin (21/3/2022).

Hadir dalam acara launching tersebut Kepala Bapenda Banten Opar Sohari, Analis Kebijakan Ahli Muda, Direktorat Pendapatan, Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Rizki Widiasmoro, Direktur Lalulintas Polda Banten Kombes Pol Budi Mulyanto, Kepala Jasa Raharja Cabang Banten Sigit Harismun.

Kepala Bapenda Banten Opar Sohari mengatakan program digitalisasi pajak kendaraan bertujuan mendukung gerakan tertib bayar pajak dan mendorong percepatan transformasi digital dalam pelayanan publik, khususnya pajak kendaraan bermotor.

Melalui digitalisasi Road Tax, pembayaran pajak kendaraan terekam dalam server komputer milik Samsat yang dapat diakses secara online sehingga memudahkan petugas maupun wajib pajak itu sendiri.

Stiker Road Tax ini, lanjut Opar, warnanya berbeda setiap tahun, sehingga mempermudah identifikasi kendaraan yang sudah atau belum membayar pajak.

Opar menjelaskan, saat ini penerapan digitalisasi Road Tax diberlakukan di tujuh wilayah UPT PPD di wilayah Polda Banten, yaitu Samsat Cikande, Samsat Serang Kota, Samsat Balaraja, Samsat Cilegon, Samsat Pandeglang, Samsat Rangkasbitung, dan Samsat Malingping.

“Ke depan insyaAllah berlaku juga di lima UPT lainnya yang berada di wilayah Polda Metro Jaya, karena ini bertahap ya baru tersedia 320 ribu stiker,” kata Opar.

Opar menuturkan, Bapenda Banten selalu berinovasi dan bersinergi dengan berbagai stakeholder dalam upaya meningkatkan pendapatan daerah. “Masih banyak yang harus kita gali untuk mengoptimalkan pendapatan untuk membangun Banten,” tuturnya.

Analis Kebijakan Ahli Muda Direktorat Pendapatan pada Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Rizki Widiasmoro mengatakan, pada prinsipnya keberadaan stiker berpengaman tersebut sebagai bagian dari inovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Dia menjelaskan, Banten dipilih sebagai provinsi pertama yang menerapkan digitalisasi Road Tax karena potensi pendapatan dari sektor pajak kendaraan sangat besar.

“Banten sebagai salah satu daerah yang sangat baik, dari segi potensi kendaraan bermotor sangat banyak. Banten juga adalah daerah penghubung, karena banyak dilalui kendaraan, jadi potensi ranmor itu luar biasa sehingga dipercaya sebagai pilot project,” tuturnya.

Launching digitalisasi Road Tax di Banten ini merupakan tindaklanjuti penandatanganan nota kesepahaman antara Pembina Samsat Nasional pada 28 Juni 2021.

“Inovasi ini sebagai komitmen peningkatan pendapatan daerah dari sektor pajak kendaraan, sekaligus meningkatan kesadaran dan kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak,” ujarnya.

“Diharapkan program digitalisasi Road Tax ini dapat berkelanjutan, terus ditingkatkan dan senantiasa dapat bermanfaat bagi pemerintah dan masyarakat,” ucapnya.

Sementara Dirlantas Polda Banten Budi Mulyanto menyambut baik penerapan digitalisasi Road Tax di Provinsi Banten.

Menurutnya, launching stiker berpengaman hologram tersebut sebagai bukti keseriusan Bapenda Banten dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Road Tax ini sebenarnya cara gaul, bagaimana mewujudkan satu inovasi. Dengan ditempelkan stiker hologram, setiap orang dapat melihat bahwa kendaraan itu sudah taat pajak,” ujarnya.

Menurutnya, keberadaan stiker tersebut juga membuat wajib pajak merasa nyaman. “Pengemudi merasa nyaman karena sudah memenuhi kewajiban, baik surat-surat kendaraannya dan perpajakan,” tuturnya.

Ke depan, dirinya berharap penerapan digitalisasi Road Tax tersebut terintegrasi dengan produk teknologi lainnya seperti Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

“Ke depan tentu bertahap. Ke depan apabila data terintegrasi itu tentu akan menunjang, memudahkan identifikasi,” ucapnya.

Kepala Jasa Raharja Cabang Banten Sigit Harismun menyambut baik penerapan digitalisasi Road Tax di Banten.

Dengan adanya inovasi digitalisasi road tax, maka dimungkinkan pengembangan lebih lanjut ke arah modern road payment system seiring dengan perubahan perilaku masyarakat yang begitu cepat.

Diketahui, stiker berpengaman hologram berukuran panjang 60 milimeter dan lebar 90 milimeter tersebut berlogo Polri dan Jasa Raharja, nomor polisi, jenis kendaraan, masa berlaku, barcode, dan warna yang berubah setiap tahunnya. (Adv)

Wartawan : Nasri 

Editor: Dina Kristiana


Share this article

Related posts