leonews.co.id
Nusantara

Kembangkan Silat Sebagai Warisan Budaya Yang Mendunia

Share this article

KOTA TANGERANG (leonews.co.id) – Anak kecil belajar silat

Sesudah besar menjadi juara

Sungguh bahagia mata melihat

Perguruan Silat di Kota Tangerang kompak semua

Demikian sebait pantun yang dilontarkan Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Dr. Nurdin, saat membuka Kejuaraan Silat Benteng Cisadane Championship 3 yang diikuti oleh tak kurang dari 1300an atlet pencak silat yang memadati arena kejuaraan di Mall Balekota, Jumat, (01/03/2024).

Dalam kesempatannya, Pj Wali Kota, mengapresiasi antusias para atlet dan perguruan silat yang berpartisipasi dalam kejuaraan yang juga dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-31 Kota Tangerang.

“Masih dalam suasana menyemarakkan HUT Kota, masyarakat kembali disuguhkan dengan pergelaran besar yakni Kejuaraan Silat Benteng Cisadane Championship yang ke-3. Di mana hal ini tentunya menambah semarak perayaan HUT Kota dengan berbagai event yang berkualitas untuk masyarakat,” tutur Pj, dalam pembukaan Kejuaraan yang diinisiasi oleh Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Tangerang dan diikuti oleh 27 perguruan silat se-Indonesia tersebut.

Lebih lanjut, Dr. Nurdin, berharap, kejuaraan tersebut dapat semakin menambah minat dan semangat serta motivasi masyarakat khususnya generasi muda untuk melestarikan seni dan budaya lokal terutama pencak silat yang merupakan budaya asli Indonesia.

“Silat saat ini kan sudah ada di 71 negara dan ini bukti bahwa kebudayaan kita diapresiasi oleh negara lain. Oleh karena itu, kita harus terus mengembangkan semangat dan kebanggaan terhadap silat yang merupakan budaya asli Indonesia dengan event-event seperti ini,” terang Dr. Nurdin.

Untuk itu, Dr. Nurdin, mengajak kepada seluruh masyarakat untuk terus mendukung dan menyemarakkan event-event yang diselenggarakan di Kota Tangerang.

“Kemarin pada perayaan HUT Kota, Pemerintah Kota Tangerang telah melaunching Calendar Event Kota, sehingga masyarakat dapat memperoleh informasi event-event apa saja yang dapat dikunjungi termasuk salah satunya Kejuaraan SBCC ini,” tukas Dr. Nurdin.

Sebagai informasi, Kejuaraan SBCC ke-3 tersebut diselenggarakan selama 3 hari dari tanggal 1-3 Maret 2024. (Kominfo Kota Tangerang/Red02)


Share this article

Related posts