leonews.co.id
Berita Pilihan UMKM

Tingkatkan Perekonomian Melalui Pelatihan Pengolahan Kerupuk Dan Pinjaman Permodalan

Share this article

PANDEGLANG (leonews.co.id) – Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Banten sebagai instansi vertikal Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) hadir dan berkomitmen mewujudkan tanah untuk keadilan ruang hidup bagi rakyat serta menjadikan tanah sebagai sumber kemakmuran dan kesejahteraan rakyat. Hal ini sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia yaitu terwujudnya masyarakat Indonesia yang mandiri, maju, adil dan makmur.

Bukan hanya membagikan tanah kepada masyarakat melalui Redistribusi Tanah. Sebagai wujud negara hadir di tengah masyarakat guna meningkatkan kapasitas usaha masyarakat Kampung Reforma Agraria (KRA) yang berlokasi di Desa Mekarsari, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Kementerian ATR/BPN melalui Kantor Wilayah BPN Provinsi Banten dan Kantor Pertanahan Kabupaten Pandeglang bersama Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah serta Permodalan Nasional Madani (PNM) menggelar acara Pelatihan Peningkatan Pemberdayaan Usaha Masyarakat pada Kamis (18/3/2021).

Dalam Rangka pelaksanaan pemberdayaan masyarakat (akses reform), masyarakat KRA yang berlokasi tidak jauh dari pantai memiliki potensi sebagai produsen makanan laut ini diberikan pelatihan oleh Tenaga Ahli Menteri Bidang Pengembangan Kewirausahaan Reforma Agraria sekaligus Komisaris PNM Parman Nataatmaja.

Peserta masyarakat yang didominasi oleh Ibu-Ibu ini diberikan pelatihan bagaimana membuat kerupuk berbahan dasar ikan, diberikan motivasi dan pinjaman permodalan dari PNM untuk mengembangkan usahanya.

Kegiatan ini diselenggarakan untuk meningkatkan kapasitas usaha masyarakat agar lebih mampu memanfaatkan tanah sebagai sumber kemakmuran. Dikatakan Andi Tenri Abeng, “Kanwil BPN Banten terus berkoordinasi dengan Tim GTRA Provinsi untuk meningkatkan pembangunan di Kampung Reforma Agraria. Sehingga masyarakat yang berada di Kampung Reforma Agraria dapat lebih sejahtera,” ujarnya.

Selanjutnya para peserta pelatihan di KRA ini akan terus dibina dan dilatih untuk meningkatkan kapasitasnya, sehingga bisa menghasilkan produk-produk yang mampu bersaing.

Hadir dalam acara tersebut Tenaga Ahli Menteri Bidang Pengembangan Kewirausahaan Reforma Agraria sekaligus Komisaris PNM bapak Parman Nataatmaja, Direktur Pemberdayaan Kementerian ATR/BPN Andry Novijandry, Deputi Bidang Perkoperasian Kementerian Koperasi & UKM Bapak Ahmad Zabadi, Asisten Deputi Kementerian Koperasi & UKM Bapak Nasrun, Direktur Pengembangan usaha LPDB Bapak Jarot Wahyu Wibowo, Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Banten Andi Tenri Abeng, Kepala Bidang Penataan dan Pemberdayaan Kanwil BPN Provinsi Banten Farida Widyartati, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Pandeglang Suraji, dan Dinas terkait (Why/Ida, Nasri)


Share this article

Related posts