leonews.co.id
Pariwisata

Pemkot Tangerang Kembali Tambah BRT dan Koridor

Walikota Tangerang Arief R Wismansyah, saat pengguntingan pita peresmian penggunaan BRT dan Koridor 4 Rabu 13 Januari 2021 (Foto Kompas.com)

TANGERANG (leonews.co.id) – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang kembali menambah Bus Rapid Transit (BRT) Tangerang Ayo (Tayo) dan menambah jumlah Koridor. Setelah sebelumnya memiliki koridor 1, 2, 3 dan yang terbaru koridor 4.

Peresmian penggunaan koridor 4 dan BRT dillakukan di gerbang M1 Bandara Soekarno-Hatta, Neglasari, oleh Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah Rabu (13/1/2021).

Selain Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin dalam acara itu, hadir juga Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang Wahyudi Iskandar serta sejumlah Undangan. “Peresmian bus tadi sebagai salah satu rangkaian Hari Ulang Tahun Kota Tangerang yang akan berlangsung Februari nanti,” kata Arief, usai melakukan pengguntingan pita tanda diresmikannya penggunaan koridor 4 tersebut.

Arief menjelaskan, warga Kota Tangerang dapat menjadikan bus tersebut sebagai alternatif dalam berpergian. “Ongkosnya hanya Rp 2000.Sama dengan Si Benteng (angkot) yang juga baru kami resmikan minggu lalu,” tuturnya.

Mengenai ongkos penumpang, katanya dilakukan menggunakan sistem non tunai. Sedangkan Rute BRT Tayo Koridor 4, yakni dari Halte Cadas, Periuk, Kota Tangerang hingga terminal M1 Bandara Soekarno-Hatta atau sebaliknya. Jam operasional bus tersebut mulai pukul 05.00 WIB hingga 20.00 WIB.

Saat ini Pemerintah Kota Tangerang sudah memiliki 10 unit bus umum. “Saya berharap, bus ini dapat mengurangi lalu-lintas kendaraan pribadi, untuk mengurangi kemacetan,” tuturnya.

Kepala Dishub Kota Tangerang, Wahyudi Iskandar mengatakan, sebenarnya BRT di koridor tersebut ada 10 unit, sembilan armada di antaranya yang beroperasi, sementara satu unit untuk cadangan. “Masyarakat daerah rute Cadas-M1 bisa memanfaatkan BRT untuk aktivitasnya sehari-hari,” katanya.

Dengan beroprasinya koridor 4, kata Wahyudi, berarti bertambah juga jumlah akses rute yang dilalui. Koridor 1 melayani rute Poris Plawad-GOR Jatiuwung Jatake, koridor 2 melayani rute Poris Plawad–Cibodas, dan koridor 3 dengan rute CBD Ciledug-Tangcity.

Dia menyebutkan, BRT koridor 4 memiliki fasilitas yang lebih beragam dan membikin nyaman masyarakat yang menggunakannya. “BRT koridor 4 ada fasilitas televisi, bangkunya juga berbeda karena berbahan busa atau seperti layaknya sofa. Selain itu, interior BRT koridor 4 ini lebih ramah bagi penumpang lansia,” kata Wahyudi.

Sedangkan tempat pemberhentian koridor 4, di antaranya Hermina Periuk, Perempatan Cadas, Pintu Air 10 dan Aeropolis. Juga berhenti di Kantor Kelurahan Koang Jaya dan Jalan Batu Sangego, serta sejumlah tempat pemberhentian lainnya.

Disebutkan juga bahwa Pemerintah Kota Tangerang sedang mempersiapkan dua koridor lanjutan, yakni koridor 5 dan koridor 6. Rutenya Poris Plawad-Bandara Soekarno Hatta dan rute lingkar dalam kota.

“Dengan tersedianya armada ini, diharapka masyarakat Kota Tangerang mulai beralih ke angkutan umum. BRT murah, nyaman dan aman,” tuturnya. (Advertorial)

Related posts