leonews.co.id
Nusantara

Disnaker Provinsi Lampung Gelar FGD Peningkatan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Perlindungan Pekerja Imigran

Share this article

Bandar Lampung (leonews.co.id) – Dinas Tenaga Kerja Provinsi Lampung menggelar Focus Group Discussion (FGD) peningkatan pengawasan ketenagakerjaan  dan perlindungan pekerja migrasi Indonesia Tahun 2023 di Hotel Horison Bandar Lampung. Senin (26/06/2023).

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadisnaker) Provinsi Lampung Dr. Agus Nompitu, S.E., M.T.P. mengatakan, dalam acara FGD mereka membahas perlindungan pekerja migrasi yakni Pra Pemberangkatan, saat di negara tujuan dan purna Pekerja Migrasi Indonesia (PMI).

“Intinya seluruh perangkat terkait harus terintegrasi dan bersinergi untuk melakukan pelindungan bagi pekerja migran kita, sebagai provinsi ke 5 penyumbang pengiriman pekerja migran di Indonesia,” kata Agus

Menurut Agus, Dinas Tenaga Kerja Provinsi/Kabupaten/Kota, Polda Lampung, BP3MI, Imigrasi hingga perangkat terkecil di kecamatan/desa/kelurahan harus Bersama-sama melakukan upaya tersebut.

“Karena kejahatan tindak pidana perdagangan orang, bahkan sekarang juga perdagangan organ manusia merupakan kejahatan ekstra ordinarya harus di lawan demi melindungi warga negara kita yg ingin bekerja,” jelas Agus.

Agus menjelaskan, jika Disnaker tak henti-hentinya menghimbau untuk tidak mudah diiming-imingi mendapatkan pekerjaan dengan gaji tinggi. “Tapi harus waspada dan dicek dahulu lembaga penyalur tenaga kerja ke luar negeri tersebut, apakah legal atau tidak dengan jalur prosedural atau unprosedural. Maka jangan pilih lembaga yang ilegal dan jalur unprosedural, karena akan membahayakan bagi para pekerja migra,” tutupnya. (Nelly/Red02)


Share this article

Related posts