leonews.co.id
Berita Pilihan

Pemkot Cilegon Peringati Hari Santri Nasional

CILEGON, ( Leonews ) – Pemerintah Kota Cilegon memperingati Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2019 di Alun – alun Kota Cilegon, Selasa (22/10).

Peringatan HSN di Kota Cilegon di ikuti oleh ratusan santriwan santriwati dari sejumlah pondok pesantren di Kota Cilegon. Tanggal 22 Oktober telah diresmikan Presiden Joko Widodo sebagai Hari Santri Nasional melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015.

Peringatan HSN tahun 2019 ini mengusung tema “Santri Indonesia Untuk Perdamaian Dunia”. Kata perdamaian diangkat berdasarkan fakta bahwa sejatinya pesantren merupakan laboratorium perdamaian.

Walikota Cilegon Edi Ariadi dalam sambutannya mengatakan, pesantren merupakan laboratorium perdamaian, dimana pesantren adalah tempat menyemai ajaran Islam yang rahmatan lil alamin atau islam yang ramah dan moderat dalam beragama.

“Sikap moderat dalam agama wajib dimiliki warga Indonesia, yang memang memiliki latar belakang yang berbeda. Sikap moderat dalam beragama sangat penting bagi masyarakat yang plural dan multikultural,” ujarnya.

Dengan terbentuknya perdamaian yang diciptakan oleh para santri, semoga mampu menciptakan toleransi dan keadilan seperti yang diharapkan. (****)

Related posts