leonews.co.id
Nusantara

Buka Pembinaan MTQ Korpri Banten, Pj Gubernur Al Muktabar : Persiapan Optimal Ikhtiar Meraih Juara Umum Kembali

Share this article

leonews.co.id – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar dorong anggota Korpri yang ikuti pembinaan dalam rangka MTQ Korpri Tingkat Nasional untuk mempersiapkan diri secara maksimal. Persiapan yang matang merupakan ikhtiar untuk kembali meraih kemenangan.

Hal itu disampaikan Al Muktabar seusai memberikan arahan pada Pembinaan Peserta MTQ Korpri Provinsi Banten yang akan mengikuti MTQ Korpri ke-VI Tingkat Nasional di Kota Padang, Sumatera Barat Tahun 2022 yang mengambil tema maju terus merajut silaturahmi dan mengukir prestasi.

Dikatakan Al Muktabar, pembinaan ini merupakan salah satu langkah yang dilakukan oleh pengurus Korpri Provinsi Banten, terutama kepada calon peserta yang akan mengikuti tingkat nasional.

“Atas persiapan ini mudah-mudahan Provinsi Banten Kembali berprestasi,” katanya.

Al Muktabar melanjutkan, terlepas dari itu semua MTQ ini juga sebagai bentuk upaya pembinaan mental Korpri, dimana Korpri itu adalah perekat bangsa yang harus menjadi teladan dan juga kuat mentalnya.

“Bagi yang muslim, tentunya dengan momen MTQ ini bisa meningkatkan pemahaman agamanya tidak hanya dilakukan pada saat momentum seperti ini saja, tapi juga menghayati makna dan isi yang terkandung di dalamnya dalam kehidupan sehari-hari,” jelasnya.

Tentunya, tambah Al Muktabar, apa yang nanti menjadi capaian Korpri itu dalam rangka membangun Banten pada khususnya, dan Indonesia pada umumnya. “Kita berharap momen MTQ nasional nanti bisa berprestasi maksimal. Kita akan dukung dengan maksimal,” tambahnya.

Sementara itu Ketua I Korpri Provinsi Banten Soleh Hidayat mengungkapkan, MTQ ini merupakan kegiatan berkala yang dilakukan setiap dua tahun sekali. Namun karena pada tahun 2020 terjadi Pandemi Covid-19, akhirnya MTQ diundur ke 2021 di Kendari.

“Pada tahun 2018 lalu, Provinsi Banten berhasil menjadi juara umum. Namun pada tahun 2021 lalu, Banten turun menjadi juara ke-6,” katanya.

Hal itu, diakui Soleh, disebabkan oleh beberapa cabang MTQ yang tidak diikuti mengingat keterbatasan peserta yang ada. Maka dari itu, pada MTQ ke-VI yang akan dilaksanakan dari tanggal 6-13 November 2022 nanti ini, kita optimis akan Kembali merebut posisi juara umum itu. “Apalagi dukungan dari pak Pj Gubernur begitu tinggi dan semangat,” jelasnya.

Dikatakan Soleh, ada delapan cabang yang akan dilombakan, termasuk ada beberapa cabang yang baru seperti adzan, doa, khutbah dan karya tulis ilmiah. Dengan pembinaan yang dilakukan dua tahap ini, dirinya yakin akan bisa meraih seperti yang diharapkan bersama.

“Total seluruhnya ada 20 peserta yang akan mengikuti MTQ nasional. Kita lakukan seleksi dari yang saat ini ada sebanyak 29 orang,” ucapnya. (Biro Adpim Setda Prov. Banten/Red02)


Share this article

Related posts