leonews.co.id
Headline

Wagub dan Kadisdikbud Banten Tinjau Pelaksanaan UNBK

KABUPATEN SERANG (LEONEWS.CO.ID) – Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy meninjau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun pelajaran 2018-2019 di SMAN 1 Baros, Kabupaten Serang, Kamis (04/04/2019). Dalam peninjauan itu, Andika didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten Engkos Kosasih dan sejumlah staf.

Andika menyebutkan pelaksanaan ujian nasional di Banten tahun ini, jauh lebih baik dan tak banyak menemui kendala. “Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun pelajaran 2018-2019 SMA/SMK di Banten berjalan relatif lancar, kesiapan panitia dan  sekolah mempersiapkan segala sesuatunya cukup baik,” kata Andika.

Koordinator Helpdeks UNBK Disdikbud Banten, Bagus Pantoe Aryanto mengatakan, pelaksanaan UNBK pada hari pertama diikuti 679 sekolah. Masing-masing sekolah mandiri 616 dan numpang 63 sekolah.

Menurut Bagus, penyelenggaraan UNBK tahun ini, untuk SMK disiapkan 1.137 server. Masing-masing sekolah mempunyai satu cadangan server.

Tidak ada kendala dalam pelaksanaannya, kecuali di SMKN 4 Kota Serang karena terjadi korslet listrik dan Pandeglang juga Balaraja terjadi pemadaman listrik. Kendati demikian lanjut Bagus, kendala di SMKN 4 sudah teratasi dan berjalan dengan lancar.

Ia mengatakan, dalam proses penyelesaian kendala dalam pelaksanaan UNBK, ada tiga sistem yang dilakukan. Pertama memanfaatkan proyektor dan teknisi yang sudah standby di sekolah. Jika pihak sekolah tidak bisa menyelesaikan, maka tim helpdesk pada tingkat kabupaten/kota dan provinsi yang menyelesaikan.

Ia mengatakan, pelaksanaan UNBK tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, yakni transfer respon. Hal itu merupakan metode jika mengalami permasalahan berganti komputer, berganti server cadangan maka siswa tersebut hanya tinggal melanjutkan.

“Hanya memang dengan metode seperti tahun sebelumnya kita meminta token lagi dari pusat, penggunaan transfer respon tersebut lebih efektif dibandingkan tahun sebelumnya. Siswa menggunakan server cadangan dan mengulang dari awal dan respon transfer siswa hanya melanjutkan,” tuturnya.

Kepala Sekolah SMAN I Baros Rohadi mengatakan, siswa/siswi yang  mengikuti UNBK di SMA I Baros sebanyak 279 siswa. “Allhamdulillah mereka datang semua, sejak pukul 06.30 sudah datang ke sekolah walaupun pelaksanaan UNBK jam 07:30,” katanya.

Tentang pengawasan UNBK, dilakukan secara silang berasal dari beberapa sekolah. Jadi tidak ada kecurangan karena pengawasnya dari luar sekolah SMA I Baros,” tuturnya. (Red 01)

 

Related posts