leonews.co.id
Headline

Bunda Paud Provinsi Banten Dampingi Ibu Negara RI Kunjungi SKB PAUD Bina Insani

Share this article

KABUPATEN TANGERANG (leonews.co.id) – Bunda Paud Provinsi Banten Tine Al Muktabar mendampingi Kunjungan Ibu Negara Republik Indonesia (RI) Iriana Joko Widodo ke UPT SPNF Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Bina Insani, Jalan Aria Wangsakara, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Rabu (24/8/2022).

Iriana Joko Widodo datang bersama Ibu Wury Ma’ruf Amin dan para istri Menteri Kabinet Indonesia Maju yang tergabung dalam Oase KIM (Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju) dalam rangka menggalakkan gerakan Merdeka Belajar.

“Tadi kita sudah sama-sama melihat inisiasi dari Oase KIM untuk memicu gerakan membina karakter di PAUD, sehingga ini akan ditindaklanjuti,” ungkap Tine Al Muktabar.

Tine Al Muktabar yang juga Penjabat Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Banten berharap semua pihak turut bersama-sama memberikan perhatian tumbuh kembang bagi anak usia dini. Perhatian ini menjadi kunci menumbuhkan generasi maju untuk mendukung mewujudkan Indonesia emas nantinya.

“Kita terus mendukung dengan berbagai program kerja kegiatan yang telah di rancang tahun ini, khususnya dalam rangka menstimulasi tumbuh kembang anak melalui pengayaan lingkungan,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Tine Al Muktabar menyampaikan saat ini Provinsi Banten tengah berfokus dalam penanganan stunting dan gizi buruk. Para orang tua murid PAUD menjadi salah satu fokus sosialisasi dan kampanye pentingnya pola asuh yang baik dan benar untuk mencegah stunting dan gizi buruk.

Dijelaskan, selain faktor ekonomi, faktor pola asuh pun memiliki potensi menyebabkan stunting. Sehingga dibutuhkan kesadaran para orang tua untuk bagaimana pentingnya melakukan pola asuh yang baik dan benar.

“Perlu pendidikan atau kesadaran bagi orang tua bagaimana memperbaiki pola asuh kepada anak. Pola asuh memberikan nutrisi ataupun pola asuh menstimulasi. Sehingga dari kedua aspek itu tumbuh kembang anak optimal,” tandasnya.

Pada kesempatan itu, Tine Al Muktabar pun diberikan plakat oleh Ketua Umum Oase KIM Tri Tito Karnavian.

Diketahui, kegiatan tersebut mengambil tema Penguatan Karakter PAUD melalui Profil Pelajar Pancasila, dimana kegiatan itu turut dihadiri oleh para istri dari Forkopimda Pemprov Banten, para istri Forkopimda Kabupaten Tangerang, para dewan guru PAUD, serta sejumlah siswa-siswi PAUD.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan kedatangan Ibu Iriana Joko Widodo dan Ibu Wury Ma’ruf Amin beserta rombongan Oase KIM yang disambut tarian oleh murid-murid PAUD. Dilanjutkan dengan simulasi cuci tangan yang baik dan benar, serta meninjau ruang kelas.

Usai meninjau kelas, Ibu Iriana Joko Widodo dan Ibu Wuri Ma’ruf Amin mendongeng sekaligus mengenalkan hewan-hewan laut kepada murid-murid PAUD.

Selanjutnya, Oase KIM menyalurkan sejumlah donasi ke lembaga pendidikan dan kelompok tani. Donasi yang disalurkan berupa 300 buku bacaan karakter untuk 150 PAUD; 31 sarana cuci tangan pakai sabun (CTPS) untuk 6 taman kanak-kanak, 9 SD dan 1 Puskesmas; 20 set alat olahraga PAUD untuk 20 PAUD, 20 set tempat sampah pilah empat (4) macam untuk 20 PAUD, 30 alsintan pengolah minyak goreng kelapa untuk 5 kelompok tani dan 25 rumah tangga; serta, 400 benih cabai dan tanaman obat untuk 100 orang. (Biro Adpim Setda Prov. Banten/Red02)


Share this article

Related posts