leonews.co.id
Headline

Polisi Banten Tangkap Sembilan Admin Group WA Provokasi Pemudik.

Share this article

CILEGON (leonews.co.id) – Jajaran kepolisian, Polda Banten berhasil mengamankan sembilan orang, admin grup WhatsApp (WA) yang memprovokasi pemudik dari Pulau Jawa tujuan Sumatra menggunakan sepeda motor melalui Pelabuhan Merak. Mereka ditangkap di berbagai tempat kumpul anggota group, antaranya alun-alun Kota Cilegon-Banten.

Sebelumnya pihak kepolisian mencurigai adanya pesan berantai yang dikirim admin melaui group WA , kepada anggotanya tentang situasi perjalanan anggota dari titik asal menuju Pelabuhan Merak. Pesan berantai tersebut, antaranya menanyakan (tulisan dari group WA, MOHON DI PERKIRAKAN JAM BERAPA PASUKAN DARI BEKASI SAMPE TITIK KUMPUL KALIAN.

Pesan lainnya yakni saat admin menyampaikan di roup WA namun terdeteksi oleh anggota kepolisian yakni “UNTUK TEMAN TEMAN YANG DARI JAKARTA, TANGERANG, DAN SERANG. MOHON DI PERKIRAKAN JAM BERAPA PASUKAN DARI BEKASI SAMPE TITIK KUMPUL KALIAN . NANTI PASUKAN BEKASI INFO JALAN SUDAH SAMPAI MANA.

Setelah dilakukan pemantauan grup WA, polisi akhirnya berhasil mengidentifikasi adanya upaya provokasi di grup-grup pemudik yang menggunakan sepeda motor. “Sudah Sembilan orang, kami tangkap,” kata Kapolda Banten, Irjen Rudy Heriyanto Adi Nugroho, kepada Gerbang Banten, Rabu (19/05).

Kapolda menjelakan, mereka merupakan orang yang melakukan provokasi terhadap pemudik dari Bekasi, Cikarang, Tangerang dan Jakarta untuk berangkat ke berbagai wilayah di Sumatra melalui Pelabuhan Merak. Modus pelaku dalam memprovokasi ribuan anggota group WA, yakni dengan cara melakukan komunikasi melaui pesan WA di sejumlah titik kumpul masing-masing.

Sampai saat ini, kata Kapolda, poihaknya terus melakukan pemantauan terhadap group-goup WA yang disinyalir menjadi ajang komunikasi para pemudik yang hendak melalui Pelabuhan Merak. “Upaya ini dilakukan untuk mengantisipasi penjebolan paksa pos penyekatan dengan tujuan Pelabuhan Merak, Banten.” Tuturnya.

Disebutkannya, jumlah anggota group mncapai ribuan orang. “Kalau masing-masing grup WA beranggotakan 200 hingga 300 orang, bisa dibayangkan berapa jumlah motornya. Yang ditangkap itu admin grupnya bukan anggotanya.” Lanjut Kapolda lagi.

Menurutnya kesembian orang yang diamankan, akan dijerat Pasal 160 KUHP jo Pasal 93 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan jo Perda Provinsi Banten Nomor 1 Tahun 2021.
Dikonfirmasi terpisah, Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono mengatakan, pesan berantai melalui WA tersebut, sudah beredar luas termasuk ke anggota kepolisian. “Beredar broadcast di WA untuk mengajak menyeberang ke Lampung, jadi start dari Bekasi beruntun Jakarta, Tangerang, sampai ke Cilegon sampai Merak,” kata Sigit.

Menurut Sigit, untuk mengantisipasi serbuan pemudik yang nekat mudik ke Lampung. Pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Polda Banten, Polres Tangerang, Polres Serang juga Polda Metro Jaya agar tak sampai ke Merak.

“Saya selaku Kapolres Cilegon sudah mendapat perintah dari dari pak Kapolda untuk melaksanakan antisipasi, kemudian kami dari Polres Cilegon, Polres Serang dan Polres Tangerang dan Polda Metro juga kami koordinasi untuk mengantisipasi hal tersebut dengan menjaga titik-titik dan berlapis-lapis pengecekannya dengan kekuatan penuh dari jalur arteri yang mungkin akan dilalui kendaraan bermotor,” ujarnya.

Disbutkan Sigit, pihaknya dari Polres Ci;egon telah menambah personil penjagaan dengan meminta bantuan BKO dari Polda berupa pasukan dari Brimob dan Samapta.
Berikut ini Pesan berantai melalui group WA yang beredar dan terpantau oleh polisi :

“ASSALAMUALAIKUM 🙏
SEKALI LAGI INFORMASI NYA YA…🙏
LINK GRUP ADA PALING BAWAH.!
ADMIN SUDAH ADA PERSETUJUAN UNTUK NONAKTIFKAN CHAT GRUP SAMPAI JAM 12 MALEM.

PEMBERANGKATAN AWAL DARI BEKASI JAM 20:00 WIB.
UNTUK TEMAN TEMAN YANG DARI JAKARTA, TANGERANG, DAN SERANG. MOHON DI PERKIRAKAN JAM BERAPA PASUKAN DARI BEKASI SAMPE TITIK KUMPUL KALIAN 🙏

NANTI PASUKAN BEKASI INFO JALAN SUDAH SAMPAI MANA..,” demikian bunyi pesan berantai, Rabu (12/5/2021).
“TITIK KUMPUL AKHIR YAITU ALUN-ALUN CILEGON. HARUS UDAH KUMPUL SEMUA JAM 02:00 WIB.

START DARI ALUN ALUN CILEGON JAM 03:00 WIB.
JADI MASING MASING TITIK KUMPUL DAERAH WAJIB PUNYA GRUP.. DAN ADA PERWAKILAN DI GRUP 1 DAN 2 INI.

DAN UNTUK PITA HIJAU STABILO .. YANG AKAN DI PASANG DI PLAT NOMOR BELAKANG .. ITU SEMUA BAWA MASING MASING .. TIDAK ADA YANG MEMBAGIKAN..” (Hen/ Berto-Red 01)


Share this article

Related posts