leonews.co.id
Berita Pilihan

Ratusan WBP Lapas Rangkasbitung diuji VCT Mobile

Rangkasbitung, (leonews.co.id) – Sebagai langkah tindak lanjut Target kinerja 2020, lembaga pemasyarakatan Kelas III Rangkasbiung menggelar kegiatan Voluntary Conseling Test (VCT) di Ruang Aula Pembinaan, Selasa (10/02).

Sebanyak 150 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) tampak antusias mengikuti Kegiatan yang terselenggara atas kerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak dan Puskesmas Rangkasbitung untuk memberikan layanan kesehatan. Kegiatan ini bertujuan memastikan kesehatan seluruh WBP dan mencegah terjadinya penyebaran HIV/AIDS.

Kepala Lapas Rangkasbitung, Budi Ruswanto menyampaikan bahwa kegiatan ini bagian pemenuhan hak layanan kesehatan bagi WBP.
“Kami apresiasi atas kerjasama yang sudah terjalin dengan sangat baik ini, alhamdulillah secara simultan tim kesehatan memberikan layanan kesehatan, sinergi dengan pemda lebak. Kami harap semua WBP bisa mengikuti dengan baik dan memanfaatkan layanan vct mobile ini guna menunjang kesehatan setiap WBP” Ujar Budi sapaan akrab Kalapas.

“ kita berikan sosialisasi dulu oleh dokter dari Puskesmas Rangkasbitung, selanjutnya dilakukan pra konseling, history kehidupan dan kesehata wbp di wawancara oleh tim kesehatan, selanjutnya dilakukan pengambilan sampel darah untuk tes HIV/AIDS. Hasilnya bisa diketahui langsung jika ada WBP yang reaktif HIV/Aids dan hepatitis C, selanjutnya tindakan pasca konseling” terang dr. Ida sapaan akrabnya.
Hal yang sama disampaikan Kordinator tim, Bd.Leni.
“bagi kami Lapas Rangkasbitung sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari program layanan kesehatan kami di dinas Kesehatan, terleboh berdasarkan kategori memiliki kelompok rentan akibat beragamnya demografi WBP. Tugas kami memberikan pengetahuan dan informasi kesehatan, VCT Mobile memberikan banyak manfaat seperti sebagai informasi kesehatan diri, mencegah penyebaran HIV/AIDS, dan menurunkan angka kesakitan HIV/AIDS melalui pelayanan konseling sehingga WBP dapat mudah mencegah dari penularan HIV/AIDS. Semoga WBP di sini seluruhnya selalu menjaga kesehatannya,” sambut bd. Leni (HMS/Nasri)

Related posts