leonews.co.id
Berita Pilihan

Pelestarian Budaya Lewat Festival Budaya Nusantara III

KOTA TANGERANG, ( leonews.co.id ) – Pagelaran Festival Budaya Nusantara III kali ini bertepatan dengan kegiatan Rapat Koordinasi Komisariat Wilayah (Rakorkomwil) III Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI).

Acara Festival Budaya Nusantara secara resmi dibuka oleh Wali Kota Tangerang H. Arief R. Wismansyah dan akan berlangsung selama empat hari kedepan yaitu hingga tanggal 8 Desember 2019.

Parade budaya yang diinisiasi oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang menjadi pembuka rangkaian kegiatan dengan peserta dari 9 (sembilan) wilayah dan pegawai dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berada di Pemkot Tangerang.

“Pesertanya dari sembilan kota yang tergabung dalam Komisariat Wilayah III APEKSI, dan dua negara tetangga yaitu Malaysia dan Singapura serta dua rombongan dari Benua Eropa yakni Italia dan Belanda, dan teman-teman pegawai,” terang Arief pada saat membuka Festival Budaya Nusantara III di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Kamis (5/12).

Melalui parade yang menyuguhkan akulturasi dari berbagai macam budaya yang ada di Indonesia, Arief menaruh harapan besar perihal pelestarian budaya di Kota Tangerang.

“Semoga Festival Budaya Nusantara III ini dapat memperkaya khasanah budaya Indonesia dan bisa menjadi salah satu ajang dalam melestarikan kebudayaan yang ada di Kota Tangerang terlebih di Indonesia,” ujar Arief.

Ditemui dilokasi yang sama, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Rina Hernaningsih menjabarkan, perihal kegiatan Festival Budaya Nusantara III tahun ini.

“Tahun ini kita menampilkan parade budaya dari masing-masing anggota APEKSI. Ada 11 anggota dalam parade yang ada, untuk yang lainnya ikut dalam pameran UMKM,” ungkap Rina.

“Ada Tarian Kolosal Nyimas Melati serta video mapping, wayang golek, berbagai lomba seperti lomba barongsai, lenong, gambang kromong, fotografi dan banyak lagi,” tambahnya.

“Pokonya datang dan saksikan Festival Budaya Nusantara III, masih ada sampai tanggal 8 Desember 2019, ini pesta buat warga Kota Tangerang. Dijamin bakal seru,” ajak Rina.(Nasri)

Related posts