leonews.co.id
Berita Pilihan

Inilah Makna Maulid Nabi Menurut Bupati Serang

SERANG ( Leonews ) – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengajak seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Serang untuk kembali mengevaluasi diri dan terus meneladani sifat-sifat mulia Nabi Muhammad SAW. Menurutnya, momen peringatan Maulid Nabi tidak hanya seremonial semata, tetapi dijadikan sarana introspeksi diri.

”Sudah sejauh mana mengikuti yang kita teladani yaitu Nabi Muhammad SAW. Kemudian sejauh mana kita sudah mengikuti sifat-sifat yang dimiliki serta mengikuti ajaran-ajaran yang disampaikan oleh Nabi kita. Pada kesempatan ini, semoga menjadi waktunya bercermin, waktunya introspeksi diri, jangan introspeksi orang lain, nanti jadi persoalan. Introspeksi diri masing-masing,” ujar Tatu.

Ajakan tersebut disampaikan Tatu saat memberikan sambutan pada Tablig Akbar dalam rangka Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di halaman Masjid Miftahul Jannah, Kampung Pasir Asem, Desa Majasari, Kecamatan Jawilan, Kamis (31/10/2019) malam.

Tatu mengajak dirinya sebagai kepala daerah, jajaran Pemkab Serang, pemerintah kecamatan, kepala desa, dan seluruh masyarakat untuk sama-sama introspeksi diri sejauh mana telah mengikuti yang diajarkan serta sifat-sifat Rasulullah. ”Jadi apa yang diucapkan oleh Nabi sesuai dengan apa yang dilakukan. Itu patut kita teladani,” ujar Tatu.

Kemudian sifat amanah atau dapat mengembah kepercayaan dengan baik, sebagai modal hidup bermasyarakat. “Sama halnya pemimpin amanah. Buat saya penting pemimpin amanah dan masyarakat percaya, maka akan mudah membangun. Sifat amanah ini kita teladani bersama, mulai dari saya sampai kepada masyarakat,” paparnya.

Dilanjutkan sifat Nabi yang selalu mengajak kepada kebenaran. ”Dan selanjutnya cerdas, karena sifat Nabi ini harus kita teladani. Saya selaku kepala daerah wajib membuat masyarakat menjadi cerdas, membuat skala prioritas program periode saya saat ini, yakni meningkatkan indeks pembangunan manusia di Kabupaten Serang,” tuturnya.

Usai memberikan sambutan, Bupati Perempuan pertama di Kabupaten Serang ini tidak mau meninggalkan lokasi. Ia memilih duduk kembali beralaskan karpet bersama ribuan warga untuk mendengarkan lantunan ayat suci Alquran dari qori Internasional KH Mu’min Ainul Mubarok dari Tasikmalaya.

Kemudian dilanjutkan mendengarkan tausiyah disampaikan penceramah KH Asep Mubarok dari Karawang, Jawa Barat. Pukul 23.30 WIB selesai acara, Tatu yang didampingi sejumlah pejabat Pemkab Serang, baru meninggalkan lokasi.(Kominfo/Addin)

Related posts