leonews.co.id
Berita Pilihan

Pemkot Cilegon Salurkan PKH Tahap 4

CILEGON ( Leonews ) –  Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kota Cilegon dan Bank Mandiri area Cilgon melaksanakan kegiatan penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) tahap 4 yang dilaksanakan di Aula Bank Mandiri area Cilegon, Rabu, (16/10).

Wakil Walikota Cilegon Ratu Ati Marliati dalam sambutannya mengatakan, permasalahan kemiskinan merupakan permasalahan yang kompleks dan bersifat multidimensional. Maka dari itu, kemiskinan harus menjadi penyelesaian utama dari masalah-masalah yang ada, karena keberhasilan pembangunan ekonomi adalah teratasinya masalah kemiskinan.

“Salah satu upaya penanggulangan kemiskinan di Indonesia, pemerintah pusat telah melaksanakan program bantuan sosial Keluarga Harapan, program ini salah satu upaya dalam menanggulangi kemiskinan sekaligus pengembangan kebijakan dibidang perlindungan sosial sejak tahun 2007, dan cukup berhasil dibeberapa negara yang dikenal dengan bantuan tunai bersyarat,” kata Ati.

Lebih lanjut, Ati mengungkapkan bahwa PKH merupakan strategi penanggulangan kemiskinan yang ditujukan kepada keluarga yang membutuhkan dan tepat sasaran. “PKH ini ditujukan terutama untuk ibu hamil dan anak serta mencakup penyandang disabilitas dan lanjut usia dengan upaya peningkatan sumber daya manusia seperti pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan sosial. Dan penyaluran ini dimulai pada hari ini hingga akhir bulan Oktober tahun 2019 dengan target progress penyaluran tahap 4 tahun 2019 sebesar 100% dapat semuanya tersalurkan,” tuturnya.

Ati berkata, Program Keluarga Harapan di Kota Cilegon sampai dengan tahap 4 tahun 2019, sebanyak 4.908 pengurus keluarga dan 22.285 anggota keluarga yang tersebar disemua Kecamatan di Kota Cilegon. “Bantuan sosial yang diserahkan dari Kementerian Sosial RI kepada Kota Cilegon tahap 4 tahun 2019 sebesar Rp. 3.883.125.000,00. Hal ini merupakan hasil dari kerja keras pemerintah Daerah yang bekerja sama dengan Kementerian Sosial RI serta Bank Mandiri area Cilegon sebagai penyalur bantuan sosial dalam rangka pengentasan kemiskinan di Kota Cilegon,” ujarnya.

Kepada para penerima PKH, Ati berharap untuk selalu mendukung semua program Pemkot Cilegon yang berkaitan dengan pengentasan kemiskinan di Kota Cilegon. “Saya mohon dukungannya para bapak dan ibu untuk selalu mendukung semua program Pemkot Cilegon termasuk program PKH ini, agar tetap bersama-sama dalam membantu warga miskin, dan bagi penerima bantuan sosial PKH bisa menggunakan bantuan uangnya secara baik dan benar, dan semoga program PKH ini mampu memutuskan rantai kemiskinan antar generasi di Kota Cilegon yang kita cintai ini,” harapnya. (Kominfo Addin)

Related posts