leonews.co.id
Berita Pilihan

Menkes Ucapkan Selamat Untuk Provinsi Banten Atas Capaian Vaksinasi 72,6 Persen

Share this article

BANTEN (leonews.co.id) – Hingga tanggal 21 Desember 2021, capaian Vaksinasi Covid-19 di Provinsi Banten sebanyak 72,6% untuk dosis I dan 51,6% untuk dosis II. Atas capaian tersebut Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia Budi Sadikin menyampaikan ucapan selamat.

“Saya ucapkan selamat atas capaian vaksinasi di Banten,” kata Menkes dalam pengarahannya saat Peninjauan Layanan Angkutan Natal dan Tahun Baru di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon Banten, Rabu (22/12/2022).

Peninjauan Layanan Angkutan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di Pelabuhan Penyeberangan Merak, dilaksanakan rombongan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhajir Effendy, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Kesehatan Budi Sadikin, unsur Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan dihadiri Asisten Daerah I Bidang  Pemerintahan dan Kesra, Septo Kalnadi, dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Banten.

Dalam kesempatan tersebut, Menkes Budi Sadikin meminta dilaksanakan percepatan vaksinasi baik dosis I maupun dosis II. Terkait antisipasi penyebaran Covid-19 pada saat Perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, Menkes meminta semua pihak untuk melaksanakan protokol kesehatan secara ketat.

“Para petugas di lapangan untuk tetap melaksanakan pengawasan secara ketat dalam penerapan protokol kesehatan,” kata Menkes.

Sebelumnya, Karo Ops Polda Banten Kombes Pol Amiludin Roomtaat memaparkan, sampai dengan 21 Desember 2021,Vaksinasi dosis I di Provinsi Banten mencapai 72,6%, sedangkan vaksinasi dosis II mencapai 51,6%.

Sementara itu, kesiapan Angkutan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di Pelabuhan Merak armada kapal yang siap operasi mencapai 67 unit, yakni 5 kapal ekspres dan 62 kapal reguler. Dalam kondisi normal layanan penyeberangan mencapai 124 trip per hari. Sedangkan dalam kondisi padat mencapai 128 trip per hari. Penyeberangan tersebut dilayani oleh 7 unit dermaga, yakni 6 dermaga reguler dan 1 dermaga eksekutif.

Pelabuhan Merak, dalam kondisi normal, kapasitas kendaraan kecil mencapai 20.995 unit dan 14.000 unit kendaraan campuran.  Sedangkan dalam kondisi padat mencapai 26.023 kendaraan kecil dan 17.421 kendaraan campuran. Sementara untuk kapasitas parkir roda dua mencapai 16.500 unit. Sedangkan roda empat sebanyak 3.500 unit truk dan bus 175 unit.

Arahan penerapan prokes secara ketat juga disampaikan Menko PMK Muhajir Effendy, Menhub, Budi Karya Sumadi, dan Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo.

Menko PMK Muhajir Efendy meminta peningkatan koordinasi antar aparatur dalam melaksanakan pengawasan terhadap pergerakan masyarakat dan penerapan protokol kesehatan. Sementara Menhub Budi Karya Sumadi meminta peningkatan pelaksanaan 3T  (testing, tracing dan treatmen) selama perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Sementara Kapolri Listyo Sigit Prabawo menekan setiap penumpang kapal sudah divaksin dosis II. “Penumpang kapal harus sudah divaksin kedua,” kata Kapolri Listyo Sigit Prabowo. (Biro Adpim Setda Prov Banten /Red02)


Share this article

Related posts