leonews.co.id
Headline

Pj Sekda Banten Virgojanti Antar Keberangkatan Kunjungan Kerja Wapres RI KH Ma’ruf Amin ke Sejumlah Negara

Share this article

BANTEN (leonews.co.id) – Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Provinsi Banten Virgojanti beserta segenap jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Banten berkesempatan mengantarkan keberangkatan Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin yang bertolak ke sejumlah negara untuk melakukan serangkaian kunjungan kerja.

Wapres RI KH Ma’ruf Amin bersama rombongan lepas landas dari Terminal 3 VVIP Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten menuju Bandara Internasional Eleftherios Venizelos, Athena, Yunani, pada Selasa malam (21/11/2023). Wapres bersama bu Hj. Wury Ma’ruf Amin dan rombongan terbatas akan melakukan kunjungan kerja ke Yunani, Slovakia, dan Malaysia.

“Alhamdulillah kita berkesempatan mengantar keberangkatan kunjungan kerja Wapres beserta rombongan. Semoga kunjungan kerja ini dapat berjalan lancar,” ungkap Virgojanti.

Virgojanti juga berharap dari kunjungan kerja tersebut dapat terus meningkatkan peran Indonesia dalam kancah internasional.

“Selain melalui kunjungan kerja ke Yunani, Slovakia, dan Malaysia mampu di antaranya untuk menarik investasi ke Indonesia, bertukar pengalaman dalam mengelola keberagaman, dan membangun jejaring produk halal dunia,” pungkasnya.

Sebagai informasi Wapres RI KH Ma’ruf Amin beserta rombongan menggunakan Pesawat Garuda Indonesia (GIA-2). Setelah menempuh penerbangan selama 12 jam 30 menit, Wapres tiba di Yunani yang akan disambut oleh Duta Besar RI Athena Bebeb A.K. Nugraha Djundjunan beserta Ibu Stevanny Djundjunan, dan Atase Pertahanan Roma Kolonel Laut (P) Aminuddin Albek beserta Ibu Irma Febrawati Bima.

Agenda kunjungan kerja Wapres selama di Yunani, di antaranya adalah pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis untuk membahas peningkatan hubungan kerja sama antara kedua negara. Kemudian, diagendakan pula pertemuan bilateral dengan Wakil Ketua 1 Parlemen Yunani Giannis Plakiotakis.

Selanjutnya, pertemuan Wapres dengan Uskup Agung Yunani Hieronymus II yang diagendakan bertempat di Holy Archdiocese of Athens untuk berdialog mengenai pengalaman masing-masing negara dalam konteks bagaimana membangun keberagaman beragama. Serta akan dilanjutkan dengan mengunjungi beberapa tempat sejarah peradaban di Yunani, seperti Holy Metropolitan Church of Athens dan Acropolis Athena.

Setelah itu, Wapres dan rombongan bertolak ke Slovakia untuk melakukan kunjungan kerja. Di negara tersebut, Wapres diagendakan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Slovakia Zuzana Čaputová. Selanjutnya Wapres juga direncanakan bertemu dengan Wakil Perdana Menteri sekaligus Menteri Urusan Ekonomi Republik Slovakia Denisa Saková dan para pebisnis di Slovakia yang bergerak di bidang industri halal, kemudian Wapres juga akan melakukan pertemuan dengan jajaran Islamic Foundation Slovakia, dialog kebangsaan, serta dialog lintas iman (interfaith dialogue).

Sebelum kembali ke tanah air, dari Slovakia Wapres akan singgah ke Kuching, Malaysia, untuk menghadiri Pembukaan Global Muslim Business Forum 2023 dan meningkatkan hubungan bilateral kedua negara serumpun ini dengan bertemu Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim dan Premier Sarawak Tan Sri Abang Johari Openg. Selain itu, Wapres juga akan melakukan dialog kebangsaan dengan masyarakat Indonesia yang berada di Kuching, Malaysia. (Biro Adpim Setda Prov. Banten/Red02)


Share this article

Related posts