leonews.co.id
Berita Pilihan

Lapas Kelas 1 Tangerang Terbakar, 40 Orang Tewas Terpanggang

Share this article

TANGERANG (leonews.co.id) – Setidaknya  40 orang tewas terpanggang di dalam ruang terkunci di Lapas Kelas 1 Kota Tangerang, Provinsi Banten. Diduga kejadian berawal dari kebakaran yang diakibatkan arus pendek aliran listrik  Blok C. Rabu (8/9) dini hari atau sekitar pukul 01.45 WIB.

“Ada korban meninggal dan ada yang dirawat di RSUD Tangerang. Saat ini kami konsentrasi kepada pemulihan, evakuasi korban, dan menjaga lapas kelas 1 tangerang tetap kondusif,” tutur Kepala Bagian Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Rika Aprianti lewat pesan suaranya,  dikutip dari CNN Indonesia.

Dari seluruh jumlah korban tewas akibat terperangkap dalam api itu, terdapat tahanan lain sebanyak 82 orang yang juga berada dalam satu ruangan di Blok C. Mereka ini sebagian langsung  di evakuasi ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tangerang untuk pengobatan.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten Agus Toyib, Lapas Kelas I Tangerang saat ini dihuni oleh 2.072 orang. Sedang Blok C yang terbakar dihuni oleh 122 orang.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran langsung melakukan peninjau an ke lokasi kebakaran tersebut. Kapolda membenarkan bahwa telah terjadi kebakaran dan terdapat korban jiwa.

“Iya benar tadi sekitar pukul 01.45 WIB ada kebakaran di dalam Lapas Kelas I Tangerang yang terjadi di blok C2. Dan akibat kejadian tersebut ada korban luka dan meninggal. Korban meninggalnya berjumlah 41 orang dan puluhan lainnya luka-luka,” ungkap Kapolda.

Dijelaskannya, dugaan sementara kebakaran terjadi akibat konsleting listrik. “Kebakaran itu terjadi selama kurang lebih 2 jam dan sekarang sudah bisa diatasi oleh petugas damkar dan petugas dari Dirjen Pas dan juga kepolisian,” lanjutnya.

Fadil juga menjelaskan, saat ini kondisi lapas sudah aman terkendali dan telah kondusif. “ Warga binaan yang selamat di blok tersebut sudah dipindahkan sementara, sedangkan yang luka-luka sudah di bawa ke RS Sitanala dan RSU Kabupaten Tangerang. Sedangkan yang meninggal semuanya sudah dievakuasi,” tuturnya. (Nasri/Red 01)

 


Share this article

Related posts