leonews.co.id
Berita Pilihan

Wamen ATR/Waka BPN Menilai  Layanan Kantor Pertanahan Kota Tangerang Selatan Jauh Lebih Baik

Share this article

 

TANGERANG SELATAN (leonews.co.id) – Wakil Menteri (Wamen) Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (Wamen ATR/Waka BPN), Surya Tjandra, menilai  layanan pertanahan di Kota Tangerang Selatan sudah semakin baik. Hal itu disampaikannya saat mengunjungi  Kantor Pertanahan Kota Tangerang Selatan, Jumat (03/09/2021).

Pada kesempatan tersebut, Wamen ATR/Waka BPN yang didampingi  Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) BPN Provinsi Banten, Rudi Rubijaya serta Kepala Kantor Pertanahan Kota Tangerang Selatan, Harison Mocodompis.

Surya Tjandra mengatakan bahwa program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) menjadi pembahasan khusus dalam kunjungannya ke Kantor Pertanahan Kota Tangerang Selatan. “PTSL kita diskusikan khususnya bagaimana melengkapi data-data, mencari bagaimana penyelesaian permasalahannya termasuk digitalisasinya,” ungkapnya usai melakukan pertemuan dengan jajaran Kantor Pertanahan Kota Tangerang Selatan.

Lebih lanjut, Surya Tjandra mengungkapkan bahwa Kementerian ATR/BPN memiliki target utama, yaitu mendaftarkan seluruh bidang tanah di wilayah Indonesia. “Kita terus lanjutkan program PTSL dan melanjutkan juga proses redistribusi tanah. Untuk redistribusi tanah, kita akan memberikan kepada para petani gurem untuk mengatasi ketimpangan penguasaan aset,” kata Surya Tjandra.

Wamen ATR/Waka BPN juga mengatakan bahwa pada pertemuan tersebut dilakukan pembahasan mengenai permasalahan yang sudah ada sebelumnya serta yang baru-baru ini muncul. Baginya untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, perlu ada langkah-langkah strategis dari daerah serta dukungan dari pusat. “Saya hadir untuk mencoba memahami itu dan mendengarkan keterangan langsung dari jajaran Kantor Pertanahan Kota Tangerang Selatan,” ungkap Surya Tjandra.

Menurut Wamen ATR/Waka BPN, salah satu langkah strategis yang akan coba didalami adalah penyusunan pengaturan terkait pelayanan pengaduan yang lebih spesifik dan terintegrasi. Ia juga mengaku bahwa memperoleh banyak masukan dari Kantor Pertanahan, salah satunya adalah menciptakan suatu peluang untuk menyelesaikan masalah.

Pada kesempatan ini, Surya Tjandra mengapresiasi bahwa saat ini layanan pertanahan sudah jauh lebih baik. Menurutnya, saat ini kantor-kantor pertanahan sudah cukup tanggap terhadap pengaduan masyarakat. “Di Kantor Pertanahan Kota Tangerang Selatan ini ada layanan Konsultasi Pertanahan (Sultan) Tangsel. Layanan ini menjawab secara langsung dan diperiksa kasusnya. Untuk pusat, ada layanan #TanyaATRBPN. Ini perlu direspon dan jika memang ada dasar hukumnya, dibereskan dan jika memang bukan kewenangan Kementerian ATR/BPN, diberikan penjelasan,” ungkap Surya Tjandra.

 

Sumber Humas : Kanwil BPN/ATR BPN Banten

Penulis                : (RH/LS/RS)

Editor                    : Nasri


Share this article

Related posts