leonews.co.id
Berita Pilihan

BPK RI Ajak Pemkab Serang Sinergi dalam Percepatan Vaksinasi

Share this article

SERANG (leonews.co.id) – Tim Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Provinsi Banten mendatangi Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Serang pada Senin, 23 Agustus 2021. Kedatangannya untuk menyinergikan dalam upaya percepatan vaksinasi covid-19 kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Serang.

Pengendali Teknis BPK RI Perwakilan Provinsi Banten, Diana bersama tim diterima oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang, Tubagus Entus Mahmud Sahiri, Inspektur Rahmat Jaya, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Agus Sukmayadi, dan Kepala Dinas Komunikasi Informatik Persandian dan Statistik (Diskominfosatik), Anas Dwi Satya Prasadya di ruang rapat sekda.

Diana mengatakan, kedatangannya sebagai program pemeriksaan kinerja pendahuluan atas upaya pengelolaan vaksinasi, dalam rangka percepatan penanggulangan pandemi covid-19 tahun anggaran 2021. “Intinya kita mengharapkan kerjasama (percepatan vaksinasi covid-19),” ujar Diana.

Karenanya, lanjut Diana, untuk penanganan covid-19 ini tidak bisa di bebankan kepada dinas kesehatan semua instansi terkait harus bahu membahu terutama Diskominfosatik turut menyosialisasikan kepada masyarakat bagaimana caranya agar mau di vaksin.

“Kominfo membantu men share sentra vaksin ada dimana, atau menginfokan jadwal puskesmas melaksanakan vaksinasi. Kalau Dinkes tahunya sudah menjadi konten, nah itu tugas kominfo,”terangnya.

“Untuk OPD lain juga sama sepeeti dinas sosial, kerjasama bareng OPD intinya. Intinya kita menangani covid-19 bagaimana caranya masyarakat mau di vaksin, dan target akhirnya covid bisa turun penyebarannya dan hilang,”harap Diana.

Kepala Dinkes Kabupaten Serang, Agus Sukmayadi mengatakan, BPK RI Perwakilan Provinsi Banten melakukan audit kinerja terhadap Pemkab Serang dalam hal pelaksanaan vaksinasi yang diselenggarakan sejak bukan Januari 2021 sampai saat ini. “Jadi BPK menyampaikan beberapa hal berkenaan dengan percepatan vaksinasi yang mereka temukan, baik saat melakukan audit secara adminsitarsi maupun lapangan,”ujarnya.

Hal itu dilakukan, sebut Agus, agar ada upaya Pemkab Serang dalam rangka pemenuhan sasaran vaksinasi di Kabupaten Serang. “Jadi sebenarnya penyampaian saran-saran dari BPK RI perlu ada kerjasama lintas OPD, dalam pelaksanaan vaksinasi tidak hanya di bebankan hanya dinkes, puskesmas dan UPT saja,”terangnya.

“Pak Sekda menyambut baik usulan dan saran yang disampaikan BPK RI saja, tapi akan menindaklanjutinya untuk di Kabupaten Serang di awali dengan melaksanakan rapat dalam rangka percepatan vaksinasi ini,”ungkap Agus.(***)


Share this article

Related posts