leonews.co.id
Berita Pilihan Parlementaria

Bupati Serang Sinergikan Pengembangan Kampus Baru Untirta

SERANG (leonews.co.id) – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mendapatkan apresiasi dari Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Profesor Fatah Sulaiman saat meninjau kampus baru di Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, Selasa (9/2/2021). Program Pemkab Serang dinilai sangat fokus pada pengembangan pendidikan dan mendukung pengembangan Untirta.

Fatah mengatakan, saat Untirta akan mendirikan Fakultas Kedokteran, Tatu dengan ikhlas menyerahkan Akademi Keperawatan yang selama ini dikelola oleh Pemkab Serang. Bahkan saat ini, Untirta telah membuka jalur strata satu (S-1) keperawatan. “Bahkan yang lulus, yang terserap semua oleh dunia kerja,” ujarnya.

Menurutnya, Pemkab Serang juga sangat mendukung pembangunan kampus baru Untirta. Kampus yang terintegrasi dengan konsep smart and green. “Insya Allah, Ibu Bupati kita punya komitmen kuat yang sama untuk bersama-sama bermitra strategis untuk membangun masyarakat Kabupaten Serang, khususnya Provinsi Banten,” ujarnya.

Dari segi program, Pemkab Serang sudah memberikan beasiswa bagi masyarakat Kabupaten Serang untuk bisa kuliah gratis di Untirta. Mulai dari mahasiswa Fakultas Kedokteran, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Hukum. Kemudian di kampus baru, Pemkab Serang juga akan mendukung fasilitas sekitar kampung.

“Ibu Bupati sangat support bersama jajaran kepala dinas untuk mengembangkan konsep-konsep fasilitas air dalam bentuk embung. Jadi sekaligus menjadi destinasi wisata masyarakat Kabupaten Serang, dan semakin banyak nanti yang akan kuliah di Untirta,” ujarnya.

Sekadar diketahui, Untirta berdiri sejak 1 Oktober 1981 yang semula Sekolah Tinggi Ilmu Hukum. Untirta menjadi kampus negeri sejak tanggal 9 Maret 2001 berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 32 Tahun 2001. Kampus sebelumnya berada di Jalan Raya Serang-Jakarta, Kota Serang. Ditargetkan tahun ini pindah ke Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang dengan luas lahan 26 hektare.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengaku sudah berdiskusi dengan pihak Rektorat Untirta. “Pemda Serang ingin terlibat, akan ada fasilitas embung yang akan dijadikan destinasi wisata. Alhamdulillah, Untirta ini aset Kabupaten Serang dan Banten, dan kita juga bisa berbangga hati di tingkat nasional karena punya kampus semegah ini,” ujarnya.

Tatu membenarkan, akan ada sinergi antara Pemkab Serang dengan Untirta dalam bentuk program dan kerja sama lainnya. “Program beasiswa Pemkab Serang di Untirta akan terus berjalan. Dan kami juga akan membangun fasilitas serta akses-akses infrastruktur untuk pengembangan Untirta ke depan,” tegasnya. (Addin)

Related posts