leonews.co.id
Berita Pilihan UMKM

Resmikan Gedung FSPP, Janji Bupati Serang Fokus Pemberdayaan Ekonomi Santri

SERANG (leonews.co.id) – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah meresmikan Gedung Forum Silaturahmi Pondok Pesantren atau FSPP Kabupaten Serang di Kampung Baruan, Desa Sindangsari, Kecamatan Pabuaran pada Rabu, 16 Desember 2020. Dalam sambutannya, Tatu meminta kepada para alim ulama, ustadz agar bersinergi dengan pemerintah daerah dalam mendukung program tentang keagamaan.

“Karena bidang pendidikan keagamaan kami pemda tidak punya kemampuan masuk ke ranah sana. Pendidikan keagamaan, aqidah tentunya tanggung jawab kita semua yang akan dipertanggungjawabkan. Terlebih saya sebagai seorang pemimpin daerah,”ujar Tatu.

Oleh sebab itu, lanjutnya, sudah menjadi kewajiban di Kabupaten Serang menyiapkan anak-anak untuk pendidikan agamanya agar lebih baik lagi. Dengan demikian, kata Tatu, peran FSPP bukan hanya di sekitar ponpes namun pihaknya berkeinginan untuk sering program seperti masukan dari FSPP.

“Jadi untuk anak-anak yang sekolah umum supaya mereka juga tersentuh pendidikan agama yang baik tidak hanya sebatas di santri, nanti ada format seperti apa supaya jelas suntuk menyentuh bidang aqidahnya,”ungkapnya.

Disisi lain, Bupati Perempuan pertama di Kabupaten Serang ini menyebutkan program pada tahun 2021 mendatang akan difokuskan untuk pemberdayaan ekonomi para santri pondok pesantren (ponpes) salafi. Katanya, program pemberdayaan ekonomi harus masuk ke setiap ponpes salafi.

“Program pemda akan masuk ke ponpes salafi, pemda akan intervensi. Jadi, ketika santri lulus mereka sudah punya kemampuan di pemberdayaan bidang ekonomi. Jadi nanti dari segi agama jago di bidang ekonomi juga santri mampu, apalagi dalam kondisi sekarang ini (pandemic covid-19),”jelas Tatu.

Hadir pada peresmian tersebut, Anggota DPR RI Fraksi PKS Jazuli Juwaeni, Anggota DPRD Banten Fraksi Golkar, Muchsinin, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Serang, Mansur Barmawi, Kabag Kesra Setda Kabupaten Serang, Febrianto dan para kiyai dan ustadz se Kabupaten Serang. Pada kesempatan itu, dilakukan penyerahan bantuan Bupati Serang berupan uang sebesar Rp250 juta dan penandatanganan prasasti.

Anggota Presidium FSPP Kabupaten Serang, Ustadz Ahmad Sihabudin memastikan, jika FSPP akan bersinergi serta mendukung program-program Pemkab Serang. Terlebih, kata dia, program keagamaan salah satunya pemberdayaan ekonomi ponpes salafi. “Kami pasti mendukung setiap program Pemda Serang,”ujarnya. (Addin)

Related posts