leonews.co.id
Berita Pilihan Parlementaria

ASN Pemkab Serang Harus Miliki Rasa Kebangsaan yang Kuat

SERANG (leonews.co.id) – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang Tubagus Entus Mahmud Sahiri menekankan kepada para aparatur sipil negara (ASN) harus memiliki wawasan dan rasa kebangsaan yang kuat. Karena ASN, garda terdepan dalam membangkitkan dan menumbuhkembangkan rasa nasionalisme di tengah masyarakat.

“Saya berharap melalui kegiatan ini tidak ada lagi ASN di Kabupaten Serang yang memiliki wawasan dan rasa kebangsaan yang lemah, (harus kuat),”tegas Entus sesaat sebelum membuka Bimbingan teknis (Bimtek) Pendidikan wawasan kebangsaan Kabupaten Serang tahun 2020 di The Newton Hotel, Bandung pada Kamis, 12 November 2020 malam.

Dia juga menegaskan, jangan sampai empat pilar kebangsaan yakni pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI hanya menjadi sekedar semboyan. Namun betul-betul diimplementasikan setiap warga negara bangsa indonesia terutama ASN di Kabupaten Serang.

“Maka, itu perlu dipahami butir-butir nilai yang ada di pancasila agar tidak mudah terpancing atau tergerus oleh hal-hal yang dapat memecah persatuan dan kesatuan bangsa,”tandasnya.

Sebagai ASN, sambung Entus, pengetahuan terhadap wawasan kebangsaan menjadi pedoman untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air. Fakta yang terjadi sekarang, hampir sebagian besar ASN rapuh terhadap wawasan kebangsaan. “Ada beberapa faktor yang mempengaruhi sehingga hal ini terjadi, salah satunya adalah belum optimalnya pembentukan karakter bangsa,”ujarnya.

Sementara beberapa faktor lainnya adalah memudarnya rasa cinta tanah air, sebut Entus, makin rendahnya penghargaan terhadap nilai budaya dan bahasa, rasa solidaritas sosial dan kekeluargaan, kurangnya keteladanan para pemimpin, lemahnya budaya patuh, cepat menyerap budaya global yang negatif, kurang mampu menyerap budaya global yang lebih sesuai dengan budaya bangsa dan tidak merata kondisi sosial dan ekonomi masyarakat.

“Sebagai bagian akhir dari merajut wawasan kebangsaan, setiap ASN harus punya mimpi indah untuk bersama-sama memperkuat keutuhan bangsa dan negara,”ajak Entus.

Diketahui pada Bimtek Pendidikan wawasan kebangsaan Kabupaten Serang tahun 2020 digelar oleh Bagian Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) yang diikuti ASN se-Kabupaten Serang. Hadir turut mendampingi sekda, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosatik), Anas Dwisatya Prasadya, dan Kabag Kesbangpol, Ade Hadi Sukalta.

Diakhir sambutannya, Entus berpesan, pada 9 Desember 2020 Kabupaten Serang akan melaksanakan pesta demokrasi pemilihan bupati dan wakil bupati. Untuk itu, pihaknya meminta kepada seluruh ASN untuk tetap menjaga netralitasnya, jangan melakukan hal-hal yang dilarang oleh aturan. “Tetap jaga netralitas dan kerjasama dengan sesama ASN,”tuturnya. (Diskominfo)

Related posts