leonews.co.id
Berita Pilihan Kabar 34 Provinsi

ATR/BPN Banten Luncurkan Layanan Pengaduan Masyarakat via WhatsApp Center

LEBAK (leonews.co.id) – Adanya jarak antara harapan dan kenyataan menyebabkan ketidakpuasan yang menimbulkan adanya keluhan yang lebih dikenal dengan Pengaduan Masyarakat. Oleh sebab itu Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Banten, Andi Tenri Abeng meluncurkan Layanan Pengaduan Pelayanan Pertanahan melalui Nomor Whatsapp Center yang diharapkan akan mempermudah masyarakat dalam menyampaikan keluh kesah terkait pelayanan pertanahan, dimana acara Launching Layanan Pengaduan Pelayanan Pertanahan berlangsung di Lebak (28/02).

Selain itu, hadir pada kesempatan tersebut Inspektur Jenderal Kementerian ATR/BPN, Kepala Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat, Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Banten, Kepala Bagian Tata Usaha, para Kepala Bidang dan Kepala Kantor Pertanahan se-Provinsi Banten.

Andi Tenri Abeng mengatakan bahwa sudah ada beberapa sarana untuk layanan pengaduan yang telah dijalankan antara lain melalui lisan, tulisan/surat, media sosial (twitter, IG dan Facebook), email pengaduan@atrbpn.go.id, situs web Kementerian http://pengaduan.atrbpn.go.id dan website Lapor, namun masih membutuhkan layanan pengaduan yang lebih mudah dan cepat.
“Kegiatan layanan pengaduan ini sudah berjalan, namun demikian berdasarkan hasil evaluasi kami, masyarakat masih memerlukan media lain yang lebih mudah dan cepat guna mengadukan permasalahan yang dihadapi” ujar Andi Tenri Abeng.

Inspektur Jenderal Kementerian ATR/BPN mengapresiasi langkah nyata yang telah dilakukan oleh jajaran Kanwil BPN Provinsi Banten. Karena apa yang sudah dilakukan sejalan dengan kebijakan Kementerian ATR/BPN yang mendorong hadirnya inovasi-inovasi pelayanan pertanahan yang dapat mempercepat, mempermudah dalam menanggapi dan menindaklanjuti pengaduan masyarakat.

Layanan Pengaduan ini diharapkan agar masyarakat terbantu dengan kemudahan-kemudahan yang dilakukan dan masyarakat akan lebih familiar terkait layanan Whatsapp Center ini seiring dengan berkembangnya teknologi dan layanan pertanahan berbasis digital. Tujuannya untuk memudahkan pengurusan pengaduan masyarakat terkait pelayanan pertanahan, sehingga pelayanan menjadi efektif dan efisien.

“Kedepan kami sedang menyiapkan sebuah aplikasi yang memungkinkan semua pengaduan masyarakat baik melalui twitter, IG, website lapor, pengaduan secara langsung dengan surat atau lisan dan melalui whatsapp center ini, dapat dikelola dalam satu kesatuan sistem, sehingga semua pengaduan yang masuk dapat dikelola secara baik, benar, cepat, efisisen, lebih terkoordinasi dan mempunyai keseragaman dalam mekanisme penanganan dan lebih mudah dalam momonitor tidak lanjut atau tanggapan setiap pengaduan” pungkas Andi Tenri Abeng. (NLP/DR/AR/ITR/MR)

SUMBER :ATR/ BPN BANTEN

Related posts