leonews.co.id
Berita Pilihan

Pemkab Serang jadi Pilot Project Arsitektur SPBE Tingkat Nasional

SERANG (leonews.co.id) – Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) memilih Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang menjadi pilot project (proyek percontohan) Arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) e-government tingkat nasional. Selanjutnya, Pemkab Serang bakal dijadikan masukan dan referensi ketika KemenPAN RB menyusun Arsitektur SPBE tingkat Nasional.

“KemenPAN RB memilih Pemkab Serang untuk dilakukan uji coba mengenai arsitektur SPBE,”ujar Koordinator Perumusan Kebijakan SPBE Kementerian PAN-RB, Perwita Sari disela rapat koordinasi tentang rencana penyusunan rancangan arsitektur SPBE dan Pemkab Serang menjadi pilot project di Aula KH. Syam’un pada Kamis (10/09/2020).

Rakor dibuka oleh Asisten Daerah (Asda) I Setda Kabupaten Serang, Nanang Supriatna dihadiri Kepala Diskominfosatik Kabupaten, Anas Dwi Satya Prasadya, dan perwakilan dari Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda), dan Bagian Organisasi Setda Kabupaten Serang.

Dikatakan Perwita sebelum KemenPAN RB memilih menjadi pilot project arsitektur SPBE, Pemkab Serang melalui Dinas Komunikasi Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosatik) sudah mempunyai inisiasi akan membangun arsitektur SPBE. “Maka kita sambut baik. Tapi, untuk rancangannya belum ada, maka dengan belum adanya rancangan mari kita bersama-sama membuat rancangannya supaya nyambung. Baik in line yang kita buat untuk pusat atau nasional bisa sinkron dengan Pemkab Serang,”katanya.

Perwita Sari berharap, dengan menjadi pilot project arsitektur SPBE KemenPAN RB bisa mendapatkan informasi data yang menyeluruh dari semua OPD (oragnisasi perangkat daerah) di Pemkab Serang. Dengan begitu, KemenPAN RB bisa mendapatkan lembaran kondisi Pemkab Serang seperti apa dengan menjadi pilot project arsitektur SPBE.

“Sehingga lembaran itu kita angkat ke tingkat pusat sebagai masukan dan refesrensi ketika kita menyusun artsitektur SPBE tingkat nasional,”tutur Perwita Sari.

Sementara Kepala Diskominfosatik Kabupaten Serang, Anas Dwi Satya Prasadya mengatakan, bahwa suatu kebanggaan untuk Pemkab Serang karena di jadikan satu dari sekian banyak kabupaten menjadi pilot project rencana induk SPBE dan rencana SPBE nasional. “Ini satu kesempatan kita (Pemkab Serang) untuk menyampaikan berbagai permasalahan yang ada di Kabupaten Serang,”ujarnya.

Karena dengan adanya arsitek SPBE, sebut Anas, akan menentukan kemana arah TIK (Teknologi, Informasi dan Komunikasi). Kemudian kedepannya SPBE Pemkab Serang akan seperti apa. “Karenanya nanti Pemkab Serang akan dijadikan acuan atau referensi untuk pusat dan semua daerah kemana arah tujuan SPBE atau e-government kita,”terangnya.

Dengan adanya arsitektur SPBE, Anas memastikan kinerja Pemkab Serang akan lebih terarah dan terukur baik hal dari sisi anggaran maupun pola perencanaan kinerja kedepannya. “Diharapkan tujuan dengan menerapkannya SPBE yang pertama kerja antar instansi lebih lancar, dan pelayanan kepada masyarakat bisa lebih ditingkatkan,”tutur Anas.(Arief/Addin)

Related posts