leonews.co.id
Headline UMKM

Relawan Ganjar di Karawang, Tingkatkan Ekonomi Dengan Pelatihan Bikin Ikan Pandang! Lihat Selengkapnya

Sukarelawan Ganjar Sejati di Karawang, Jawa Barat ini, lakukan berbagai pelatihan guna meningkatkan perekonomian yang sangat bermanfaat bagi masyarakat.
Share this article

 

Leonews.co.id – Untuk merangsang masyarakat berusaha secara kreatif, ini yang dilakukan Relawan Ganjar di Karawang, Jawa Barat..

Sukarelawan Ganjar Sejati di Karawang, Jawa Barat ini, lakukan berbagai pelatihan guna meningkatkan perekonomian yang sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Salah satunya yakni menggelar pelatihan pembuatan ikan pindang dan sosialisasi kepada perajin agar terus meningkatkan produktivitas mereka di Desa Cicinde Utara, Kecamatan Banyusari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

“Kegiatan yang kami lakukan adalah pelatihan pembuatan ikan pindang sekaligus sosialisasi kepada perajin di sini terkait hasil olahan makanan mereka,” ungkap Koordinator Daerah (Korda) Ganjar Sejati Karawang Wawan Suherman di sela-sela pelatihan dan sosialisasi dikutip Senin 19 Juni 2023.

Wawan menyatakan pihaknya sengaja menyambangi desa yang masyarakat mayoritas perajin dan penjual ikan pindang untuk memberikan stimulasi agar hasil olahan mereka bisa meningkat.

“Kami mendorong masyarakat umum, khususnya perajin ikan pindang di Desa Cicinde Utara, Karawang, untuk mendobrak produktivitas mereka,” ujarnya.

Wawan menjelaskan, untuk meningkatkan produksi ikan pindang di daerah itu, pihaknya menggelar pelatihan pembuatan olahan makanan tersebut kepada masyarakat umum sekaligus memberikan sosialisasi kepada perajin agar tetap konsisten dan meningkatkan penjualan.

“Untuk itu, kami dari relawan Ganjar Sejati mengadakan pelatihan dan sosialisasi ini untuk mendorong bagaimana cara meningkatkan produksi ikan ini agar bisa meningkatkan perekonomian masyarakat di sini,” ungkapnya.

Ganjar Sejati Jawa Barat juga memperkenalkan sosok Ganjar Pranowo agar menjadi presiden Indonesia 2024-2029. Wawan berharap adanya pelatihan ini dapat menjadi momentum untuk mengambil simpati masyarakat Karawang agar lebih mengenal sosok bakal calon presiden dari PDIP itu.

“Kami punya keinginan untuk mendukung Ganjar Pranowo agar ke depan mampu memimpin bangsa ini. Mudah-mudah, dengan apa yang kami lakukan ini bisa mengambil simpati masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Encih Kurniasih, peserta pelatihan pembuatan ikan pindang, menyambut antusias kegiatan tersebut. Menurut dia, pelatihan dan sosialisasi ini sangat positif dan menambah wawasan masyarakat di desa tersebut.

“Kegiatan ini sangat baik. Penjelasannya bagus tentang tata cara pembuatan ikan pindang dan cara tingkatkan produktivitasnya,” ungkapnya.

Dari pelatihan ini, perempuan yang juga perajin dan penjual ikan pindang tersebut menjadi lebih mengetahui banyak hal tentang pembuatan dan pemasaran ikan pindang agar penjualannya juga maksimal.

“Perhatikan kualitas ikan pindang, cari ikan yang bagus. Jangan sampai yang jelek. Penjualannya pun jadi jauh lebih baik lagi dan tambah meningkat. Harga ikan saya harap bisa turun,” katanya.

Kurniasih berharap pemasaran ikan pindang yang menjadi salah satu ciri khas Kabupaten Karawang bisa menembus pasar nasional hingga internasional. “Saya berharap ikan pindang bisa menjadi ciri khas dan ikon Kabupaten Karawang,” ungkapnya.

Kurniasih dan masyarakat yang hadir dalam pelatihan ini juga mendoakan agar Ganjar Pranowo dapat menjadi Presiden Indonesia selanjutnya.***

 


Share this article

Related posts