leonews.co.id
Headline Peristiwa

KNKT Belum Umumkan Penyebab Kecelakaan KA di Cicalengka, Bandung

Share this article

BANDUNG (leonews.co.id) – Hingga Senin 8 Desember 2023, pihak terkait belum mengumumkan penyebab kecelakaan kecelakaan kereta api (KA) di Cicalengka, Bandung, Jawa Barat, yang menewaskan empat orang Jumat 5 Januari 2023,  pagi.

Pihak Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengaku masih mengumpulkan data untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya musibah kecelakaan tersebut.

Kepala Sub-Bagian Data, Informasi dan Humas KNKT Anggo Anurogo mengatakan belum bisa memberikan keterangan terkait penyebab terjadinya kecelakaan karena masih melakukan investigasi.

“Ini masih proses awal investigasi. Masih mengumpulkan data. Jadi mengenai penyebab tentunya masih perlu dianalisa lebih lanjut,” ujar Anggo dikutip Minggu 7 Januari  2023.

Dia berjanji bila ada hal penting yang perlu disampaikan ke Masyarakat akan disampaikan melalui rilis.

Sebelumnya, Kepala KNKT Soerjanto Tjahjono mengatakan saat ini tim investigasi telah dikirimkan ke lokasi kejadian untuk menganalisa insiden maut tersebut.

Dijelaskannya, pihaknya sudah membuat tim investigasi yang dipimpin oleh Gusnaedi Rachmanas. Selain itu terdapat Aditya W.S Yudishtira dan Yogi Arisandi selaku anggota serta Agus Marson selaku tenaga ahli.

“Kami sedang melakukan pengumpulan data dan informasi faktual, termasuk keterangan para saksi sambil menunggu hasil investigasi dari investigator di lapangan,” ujarnya.

Menurutnya, KNKT akan melakukan analisis menyeluruh terhadap faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kejadian kecelakaan, serta melakukan koordinasi dengan beberapa pihak terkait.

Selama proses penyelidikan, Soerjanto menyebut akan menyampaikan seluruh perkembangan yang ada kepada masyarakat secara berkala.

“KNKT akan bekerja keras untuk memastikan hasil penyelidikan dapat memberikan pencerahan yang memadai dan tindakan yang tepat untuk meningkatkan keselamatan transportasi kereta api di Indonesia,” katanya.

Kecelakaan antara KA Turangga dengan KRL Commuter Line Bandung Raya terjadi di Cicalengka, Jawa Barat, pada hari Jumat  5 Januari 2023, pukul 06.03 WIB.

Peristiwa terjadi di lintas Cicalengka-Haurpugur KM 181+700 di Kecamatan Cikuya, Cicalengka, Kabupaten Bandung atau 800 meter sebelum sinyal masuk Stasiun Cicalengka.

Insiden kecelakaan itu mengakibatkan empat orang meninggal dunia dan 37 lainnya luka-luka. Salah satu korban tewas diketahui merupakan masinis.

Berdasarkan data Polda Jabar, keempat korban meninggal yakni masinis KA KRD Lokal Padalarang Cicalengka atas nama Julian Dwi Setiono, asisten masinis KA KRD Lokal Padalarang – Cicalengka atas nama Ponisan, pramugara KA Turangga atas nama Andrian, dan pegawai PAM atas nama Enjang Yudi.***

 


Share this article

Related posts