leonews.co.id
Nusantara

Pemilu 2024, Tim Kesehatan Siaga 24 Jam

Share this article

KOTA SERANG (leonews.co.id) – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar memastikan Tim Kesehatan Siaga 24 Jam selama pelaksanaan Pemilu 2024. “Tim kesehatan 24 jam,” katanya usai melaksanakan pemantauan Tim Kesehatan di Puskesmas Pancur Kecamatan Taktakan Kota Serang, Rabu (14/2/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Al Muktabar
melaksanakan monitoring bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Banten dan Tim Monitoring Desk Pemilu 2024 Provinsi Banten. Menurut Al Muktabar, kunjungan tersebut dalam rangka memastikan kesiapan petugas kesehatan. Berdasarkan pemantauan Tim Kesehatan Puskesmas Pancur sudah siaga. “Para dokter siap dan akan mengatur jadwal dengan format kerjanya di shift,” katanya.

Al Muktabar mengatakan, layanan yang diberikan pada tingkat Puskesmas adalah menstabilkan. Bila terjadi sesuatu, kemudian dirujuk ke RSUD Kota Serang. “Atau, bila perlu dilakukan tindakan-tindakan tertentu akan dirujuk ke RSUD Banten,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Al Muktabar juga mengimbau seluruh tenaga kesehatan untuk menjaga stamina agar bisa melayani penyelenggara Pemilu 2024 dengan baik. “Kepada tenaga kesehatan perlu mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Pancur Kecamatan Taktakan Kota Serang, Neng Wulan mengatakan, pihaknya siap melayani petugas selama 24 jam. Untuk itu, petugas kesehatan sebanyak 26 orang. Mereka terdiri dari 2 (dua) orang dokter umum, 1 (satu) orang dokter gigi, 15 (lima belas) orang bidan, 4 (empat) orang perawat, 1 (satu) orang apoteker, 1 (satu) orang asisten apoteker, 1 (satu) orang analis kesehatan, dan 1 (satu) orang pengemudi. Sementara sarana yang disediakan adalah ruang pemeriksaan, ruang Unit Gawat Darurat (UGD, serta 1 (satu) unit mobil ambulan.

Neng Wulan mengatakan, di wilayah kerja Puskesmas Pancur meliputi Kelurahan Pancur, Sayar, Kuranji, Kalang Anyar, dan Sepang. Selain memberikan layanan di Puskesmas, lanjutnya, pihaknya juga memberikan layanan kesehatan keliling ke TPS-TPS. “Kami keliling mengunjungi TPS-TPS di wilayah pelayanan Puskesmas Pancur,” katanya. Sementara itu, untuk menjaga stamina anggota KPPS, pihaknya memberikan suplemen vitamin. (Biro Adpim Setda Prov. Banten/Dina/Red02)


Share this article

Related posts