leonews.co.id
Nusantara

Dinkes Tangsel Gencarkan Sosialisasi Pencegahan DBD

Share this article

TANGERANG SELATAN (leonews.co.id) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) kembali menggencarkan sosialisasi pencegahan demam berdarah dengue (DBD) pada musim penghujan.

Sosialisasi dilakukan mulai dari pemasangan spanduk, baliho, pembagian poster dan leaflet, hingga penyuluhan langsung kepada masyarakat.

“Memasuki musim penghujan, kita harus waspada terhadap meningkatnya kasus DBD. Oleh karena itu, kita perlu melakukan  pencegahan secara bersama-sama,” kata Kepala Dinkes Tangsel, dr. Allin Hendarlin, Kamis (11/01/2024).

DBD adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue, lanjut Alin, yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti.

Nyamuk Aedes aegypti biasanya berkembang biak di tempat-tempat yang tergenang air, seperti bak mandi, pot bunga, dan tempat penampungan air lainnya.

Alin menjelaskan, untuk mencegah DBD, Dinkes Tangsel mengimbau kepada masyarakat untuk menerapkan gerakan 3M Plus, yaitu: Mengatasi jentik dengan menguras dan mendaur ulang tempat penampungan air secara rutin, Menguburkan barang-barang bekas yang dapat menjadi tempat berkembang biak nyamuk dan Memelihara ikan pemakan jentik.

Selain 3M, masyarakat juga perlu menerapkan langkah-langkah tambahan, yaitu: Menggunakan kelambu saat tidur, Menggunakan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan serta Mengenakan pakaian lengan panjang dan celana panjang.

“Mari bersama-sama berperang melawan DBD! Praktikkan 3M Plus dan langkah-langkah tambahan untuk menjaga kita dan orang-orang tercinta,” ajak Allin.

Dinkes Tangsel juga akan terus melakukan pengawasan dan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) secara berkala.

Selain itu, Dinkes juga akan melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat tentang pencegahan DBD. (Red02)


Share this article

Related posts