leonews.co.id
Nusantara

Grounding  Tower  Telekomunikasi PT (CMI) Jatuh, Pemkot Bandar Lampung Langsung Gerak Cepat

Share this article

LAMPUNG (leonews.co.id) – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung segera melakukan uji dampak terhadap tower telekomunikasi PT Centratama Menara Indonesia (CMI) yang yang risak dan jatuh hingga meresahkan warga Gang Mawar, Kecamatan Sukabumi, Bandar Lampung.

“Kami akan menindaklanjuti keluhan warga terkait adanya dampak yang dirasakan mereka karena grounding pada tower tersebut rusak dan jatuh,” kata Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandar Lampung Khaidarmasyah saat menerima audiensi dengan masyarakat, di Kota Bandar Lampung, Senin. (03/04/2023).

Menurut Khaidarmasyah, setelah grounding tower tersebut jatuh, terdapat dampak yang dirasakan oleh masyarakat seperti adanya aliran listrik di lantai beberapa rumah warga, serta menyebabkan kerusakan barang elektronik.

“Kalau izin mendirikan bangunan (IMB)-nya tidak ada masalah, bahkan warga tidak mengeluhkan itu, sebab tower itu sudah berdiri dari tahun 2007, tapi setelah grounding tersebut rusak baru terjadi dampak sehingga mereka mengadu ke pemkot,” jelasnya.

Oleh sebab itu, lanjut Khaidarmasyah, Pemkot Bandar Lampung akan memanggil PT CMI untuk bersama-sama melakukan uji dampak, apakah yang dimaksudkan oleh masyarakat tersebut terbukti dari adanya grounding yang rusak atau bukan.

“Kami akan uji apa yang terjadi di menara itu kalau sesuai dengan apa yang diaspirasikan masyarakat, maka perda Nomor 12 Tahun 2016 tentang Tower Telekomunikasi akan diterapkan, tapi kalau bukan kami akan meminta PT CMI memperbaiki groundingnya yang rusak tersebut,” lanjutnya.

Sebelumnya warga Gang Mawar, Sukabumi Muamar melakukan ujnukrasa meminta Pemkot Bandar Lampung segera melakukan tindakan terhadap adanya dampak yang dirasakan dari tower telekomunikasi milik PT CMI.

“Masyarakat ingin tower tersebut dicabut, karena sudah banyak kerugian yang dirasakan baik materiil maupun keselamatan jiwa warga sekitar,” kata Muamar salah satu warga. (Nelly/Red02)


Share this article

Related posts