leonews.co.id
Nusantara

Mudik 2023, Pemprov Banten Persiapkan Langkah Teknis

Share this article

leonews.co.id – Provinsi Banten menjadi bagian dari daerah dengan arus lalu lintas pemudik yang cukup padat, terutama mereka yang akan mudik dari Pulau Jawa menuju Pulau Sumatera. Berbagai langkah teknis yang menjadi kewenangan Provinsi Banten terus dipersiapkan dengan baik.

Hal itu diungkap Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar usai mendampingi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy mengecek Kesiapan Pelabuhan Merak dan Ciwandan melayani arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1444 H/ 2023 M, Senin 10 April 2023.

“Kami terus melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait agar pelaksanaan mudik tahun ini berjalan dengan baik, lancar dan aman sebagai bentuk pelayanan Pemerintah kepada masyarakat,” ujarnya.

“Kita mengoperasionalkan paling tidak dua Pelabuhan, dan itu terus kita lakukan pengecekan dan review secara detail di beberapa hari yang tersisa menuju puncak arus mudik yang akan terjadi,” tambah Al Muktabar.

Selain Menko PMK, turut hadir juga Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumardi, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, Dirjen Bina Marga lserta beberapa jajaran pejabat ASDP dan PT Astra Tol Tangerang-Merak.

Dalam kesempatan itu Menko PMK Muhajir mengatakan, secara umum pelaksanaan mudik tahun ini ada penyesuaian kebijakan dibanding tahun-tahun sebelumnya. Hal itu sesuai dengan arahan dari Presiden Jokowi setelah melakukan evaluasi bersama terhadap pelaksanaan mudik tahun lalu.

“Beberapa yang menjadi catatan yang sudah kita tindaklanjuti itu adalah memfungsikan Pelabuhan Ciwandan sebagai Pelabuhan utama bersama Pelabuhan Merak. Kalau tahun lalu kan hanya sebagai Pelabuhan alternatif,” ujarnya.

Dikatakan Muhajir, hal itu sebagai salah satu solusi untuk memecah kepadatan yang terjadi di Pelabuhan Merak. Sehingga dengan koordinasi semua pihak seperti TNI dan Polri, termasuk Pemda mudah-mudahan semua yang kita persiapkan ini berjalan dengan lancar.

”Kita akan berusaha sebaik-baiknya untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Sementara itu Menhub Budi Karya Sumardi menambahkan, saat ini persiapan yang dilakukan ASDP sudah sangat baik. Tinggal nanti perhitungan jumlah kendaraan yang masuk dengan kapasitas yang ada harus seimbang dengan berbagai penyesuaian yang dilakukan. “Sehingga nanti semuanya akan berjalan dengan baik,” katanya.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengimbau agar para pemudik tidak lagi melakukan mudik di malam hari. Hal itu untuk mengurangi tingkat kepadatan di beberapa Pelabuhan yang sudah dipersiapkan. “Mudik siang dan lebih awal itu lebih baik. Kami pastikan semuanya akan aman dan berjalan dengan baik,” katanya.

Hal yang sama juga dikatakan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. Yudo menekankan kepada para crew kapal agar memperhatikan kondisi kelayakan kapal yang akan mengangkut para pemudik. Pastikan juga standar keamanan yang sudah ada terpasang dan berfungsi dengan baik.

“Apalagi ini akan banyak penumpang yang dibawanya. Itu penting dilakukan agar semuanya berjalan dengan baik,” pungkasnya.

Sebagai informasi, rombongan tiba menggunakan helikopter di Pelabuhan Ciwandan dan langsung mengecek kesiapan Pelabuhan dari mulai tempat parkir, ticketing dan persiapan Sarpras lainnya. Selanjutnya rombongan menuju terminal eksekutif Pelabuhan Merak untuk mengecek kesiapan ASDP dalam menghadapi arus mudik.

Pelabuhan Ciwandan akan dioperasikan untuk pelayanan kendaraan roda dua dan angkutan barang periode H-7 sampai H-1 melayani rute ke Pelabuhan Bakauheni dan Pelabuhan Panjang.

Kemudian untuk pelayanan truk golongan VB periode H-4 sampai H-1 dilayani melalui Pelabuhan Ciwandan, sedangkan untuk truk golongan VIB pada periode H-7 sampai H-1. Sedangkan untuk Pelabuhan Indah Kuat akan difungsikan sebagai alternatif. (Biro Adpim Setda Prov. Banten/Red02)


Share this article

Related posts