leonews.co.id
Nusantara

Tangsel Diproyeksikan Punya Sumber PAD Baru

Share this article

TANGSEL (leonews.co.id) – Pemerintah Kota Tangerang Selatan, diproyeksikan memperoleh sumber pendapatan baru diluar pajak dan retribusi daerah. Pendapatan itu berupa tarif sewa Barang Milik Daerah (BMD) atas pemanfaatan bagian jalan dan trotoar untuk instalasi jaringan kabel internet dari para investor.

Proyeksi dari sewa BMD itu, dipastikan juga telah dimasukan kedalam Pendapatan Asli Daerah (PAD), dalam postur Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) tahun 2022 pada pendapatan lain-lain yang sah.

Sekretaris Daerah Kota Tangsel, Bambang Noertjahyo, menegaskan penarikan biaya sewa BMD untuk instalasi jaringan kabel internet ini dalam tahap pematangan kebijakan.

Meski dirinya meyakini bahwa postur pendapatan tersebut, dimungkinkan masuk ke dalam postur APBDP tahun 2022 yang saat ini sedang dalam pembahasan di badan anggaran DPRD Kota Tangsel.

“Konsep ini masih dimatangkan, perhitungan sewa dan sebagainya. Regulasinya juga kita harus ubah jadi untuk sementara ini belum dimasukkan. Meskipun, tidak menutup kemungkinan di perjalanan, akan ada realisasi. Bukan berarti yang dimasukkan itu jadi enggak muncul hak, hak kita untuk tarik (sewa BMD),” jelas Bambang, Selasa, 16 Agustus 2022.

Dinas Teknis Tangerang Selatan sebelumnya melakukan penertiban atas keberadaan kabel jaringan internet yang memanfaatkan aset milik Pemkot. Pada tahap awal penertiban kabel internet dilakukandi Jalan Raya Ceger, Kecamatan Pondok Aren.

Selanjutnya, berdasarkan hasil perhitungan dari Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) saat ini telah didapati tarif sewa BMD di jalan Ceger Raya sepanjang 3,5 KM itu, ditaksir memiliki nilai sewa mencapai Rp3,2 miliar. (Addin/Red02)


Share this article

Related posts