leonews.co.id
Nusantara

Gunung Semeru Keluarkan Awan Panas Guguran Sejauh 3 KilometerJ

Share this article

JAWA TIMUR (leonews.co.id) – Gunung Semeru kembali luncurkan Awan Panas Guguran (APG) pada Minggu pagi. Hal itu dikonfirmasi oleh koordinator Mitigasi Gunung Api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kristianto.

“Erupsi Semeru berupa Awan Panas Guguran (APG), pada tanggal 19 Desember 2021 pukul 05.31 Wib,” kata Kristianto kepada leonews.co.id, Minggu siang (19/12/2021). Erupsi pagi ini tercatat di seismogram dengan amplitudo maksimum 20 milimeter dan gempa 720 detik.

Kristianto menjelaskan, jarak luncur awan panas sejauh tiga kilometer dari tengah lidah lava (1.500 meter dari puncak dan mengarah ke Besuk Kobokan). “Masih arah yang sama ke Besuk Kobokan,” jelasnya.

Gunung Semeru masih dalam status Siaga level III, kendati demikian, Kristianto menegaskan bahwa status Gunung Semeru level III sejak 16 Desember 2021. Naiknya status Gunung Semeru dipengaruhi peningkatan aktivitas yang masih tinggi dan telah terjadi peningkatan jarak luncur APG serta aliran lava.

Pada Kamis 16 Desember 2021 pencarian korban resmi di tutup, sebanyak 36 korban erupsi gunung Semeru masih belum di temukan.(Haeqal/red02)


Share this article

Related posts