leonews.co.id
Headline

Menko PMK Apresiasi Penanganan Libur Nataru di Provinsi Banten

Share this article

MERAK (leonews.co.id) – Menteri Koordinator (Menko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Republik Indonesia Muhadjir Effendy mengapresiasi penanganan Libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) di Provinsi Banten yang dilakukan Pemerintah Provinsi Banten bersama dengan stake-holder terkait, utamanya di Pelabuhan Penyeberangan Merak. Libur Nataru Tahun 2022 secara umum berjalan dengan baik. Meskipun ada insiden, namun bisa diatasi dengan baik.

“Hari ini memang belum ada tanda terjadinya kenaikan jumlah arus lalu lintas di pelabuhan. Mungkin kalau tidak besok, lusa atau memang tidak terjadi kenaikan yang signifikan. Tapi semuanya sudah siap dan masih dalam kapasitas pelayanan pelabuhan,” katanya saat melakukan kunjungan ke Pelabuhan Merak, Minggu (1/1/2023).

Tidak hanya terhadap Libur Nataru, Muhadjir juga mengapresiasi penanganan pada momen Libur Lebaran Idul Fitri tahun lalu, dimana Pelabuhan Merak ini terjadi peningkatan yang cukup luar biasa. “Tapi berkat koordinasi yang baik dengan Pemda setempat, semuanya Alhamdulilah bisa terkendali dengan baik,” katanya.

Belajar dari penanganan libur Idul Fitri tahun lalu, Muhadjir berharap untuk penanganan libur Idul Fitri yang sekitar empat bulan lagi ini sudah dipersiapkan sejak sekarang, dan bisa lebih baik lagi dari tahun kemarin.

Sehingga pengalaman baik tahun lalu di dalam mengelola lalu lintas idul fitri, bisa kita tingkatkan untuk tahun ini. Misalnya nanti akan ada penambahan rest area yang akan dilakukan oleh Pemprov Banten serta ada pendalaman pada dermaga eksekutif oleh Pemerintah Pusat, sehingga nantinya bisa masuk kapal dengan tonase yang lebih besar lagi.

“Kemudian yang tak kalah penting ada perluasan parkir dengan kapasitas 225 kendaraan dengan memanfaatkan sebagian lahan stasiun Merak dan bahkan adanya rencana pemindahan stasiun akhir KAI yang di Merak,” ujarnya.

Terhadap apresiasi itu, Pj Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan, terhadap kondisi di Merak kita mendiskusikan secara khusus.

“Beliau mengevaluasi langkah-langkah baik yang sudah kita lakukan, khususnya pada momen Nataru kali ini,” ungkapnya.

“Alhamdulillah terhadap apa yang sudah kita lakukan itu, kita dinilai baik oleh Bapak Menko,” tambahnya.

Dikatakan Al Muktabar, Pemprov Banten juga diminta untuk mempersiapkan dalam rangka libur lebaran Idul Fitri yang dalam waktu dekat akan tiba. Bersama Polda Banten kita selalu berkoordinasi terkait dengan daya dukung rekayasa lalu lintas, kemudian fasilitas kesehatan juga bagian yang kita dukung penuh selama libur lebaran nanti.

Terkait dengan rest area, saat ini kita sedang siapkan secara teknis. Konsepnya untuk saat ini kita mendukung pengembangan di rest area 97, yang diuji coba pada tahun ini untuk ticketing bagi daya dukung Pelabuhan.

“Sehingga kendaraan yang datang ke sini sudah memiliki tiket semua. Itu disiapkan di beberapa rest area, kita dorong kedepan untuk lebih banyak menggunakan area-area yang sudah ada,” ucapnya. (Biro Adpim Setda Prov. Banten/Red02)


Share this article

Related posts