leonews.co.id
Headline

OPERASI GRATIS UNTUK 100 PASIEN KATARAK

Share this article

BANTEN (leonews.co.id) – Penyakit mata adalah gangguan kesehatan yang cukup sering terjadi pada masyarakat. Keluhannya bisa berupa mata merah, gatal, perih, gangguan penglihatan, hingga kebutaan.

Dari sekian banyak penyakit mata, ada beberapa penyakit mata yang umum terjadi di Indonesia khusunya di Banten yaitu Katarak. Katarak merupakan penyebab kebutaan nomor satu di Indonesia. Penyakit mata ini membuat lensa mata terlihat keruh sehingga pandangan menjadi kabur. Katarak kebanyakan diderita oleh orang berusia 60 tahun ke atas.

Namun pada beberapa kasus, katarak dapat terjadi pada usia yang lebih muda, bahkan pada bayi baru lahir.

Penderita katarak di Provinsi Banten terbilang cukup banyak dan sebagian penderita terdapat di kalangan orang tidak mampu untuk biaya berobat dan bahkan untuk biaya operasi. Hal ini yang akhirnya menjadi perhatian Baznas Banten berinisiatif untuk menggelar operasi katarak gratis sebanyak 100 orang yang tersebar di Provinsi Banten.

Kegiatan operasi katarak Baznas Banten tersebut bekerjasama dengan Baznas Kabupaten/Kota dan Rumah Sakit Mata Mawardi Dompet Dhuafa Serang-Banten yang dilaksanakan selama 3 bulan (September-November 2021). Sebelum dilaksanakan tindakan operasi katarak bagi masyarakat tidak mampu, terlebih dahulu Baznas Banten menginformasikan kepada Baznas Kabupaten/Kota untuk melaksanakan pendataan pasien yang akan dioperasi juga dilakukan pemeriksaan tahapan awal (screening) menuju tindakan operasi yang dilakukan oleh tim medis dari Rumah Sakit Mata Mawardi Serang-Banten di masing-masing Baznas Kabupaten/Kota.

Setelah ada hasil dari pelaksanaan screening tersebut, keesokan harinya pasien langsung dijemput untuk dilaksanakan tindakan operasi di Rumah Sakit Mata Mawardi Serang-Banten secara gratis dibiayai oleh Baznas Banten sampai dengan diantarkan pulang kembali ke rumahnya masing-masing.

H. Suhri Utsman selaku Wakil Ketua Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan berharap adanya kegiatan operasi katarak gratis ini menjadi sebuah solusi dan upaya Baznas Banten dalam memberikan pelayanan nyata bagi masyarakat tidak mampu, khususnya bagi para penderita katarak dan sejenisnya yang senantiasa bisa membuat mereka merasakan kebahagiaan dengan mempunyai penglihatan mata yang baik dan normal kembali seperti sediakala.

Semoga kegiatan operasi katarak gratis ini tidak hanya dilaksanakan pada tahun ini saja, namun bisa dilaksanakan setiap tahunnya, sehubungan dengan masih banyaknya pasien penderita katarak di Provinsi Banten yang belum tertangani.

Juga menjadi perhatian bagi kita bersama, bahwa dana zakat sangatlah bermanfaat bagi umat yaitu dalam membantu mereka yang tidak mampu namun mereka bisa mempunyai kehidupan yang layak seperti kehidupan pada umunya masyarakat mampu. Oleh karena itu Baznas Banten terus berupaya semaksimal mungkin menghadirkan program-program yang bisa memberikan manfaat seluas-luasnya bagi masyarakat Banten.


Share this article

Related posts