leonews.co.id
Berita Pilihan

Brimob Polda Banten Buat Rakit dan Dapur Mobil, Bantu Korban Banjir Lebak

Lebak (leonews.co.id)  – Selain melakukan bantuan membuat rakit untuk  evakuasi terhadap korban banjir  di wilayah Kabupaten Lebak, satuan Brimob Polda Banten juga membuka dapur mobil. Satuan ini dalam melakukan kegiatan kemanusiaan tersebut, dibantu oleh Tim SAR Brimob Polda Banten, Polres Lebak dan masyarakat setempat.

Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Banten Kombes Dedi Suryadi SIk mengatakan, ada ratusan personil kepolisian diturunkan ke lokasi bencana dan di bantu oleh masyarakat sekitar. “Setetelah melakukan evakuasi, terhadap warga yang terperangkap banjir-anggota juga membantu warga membersihkan lumpur di rumah-rumah yang terendam banjir Bandang,” ujarnya.

Banjir terjadi terjadi sejak Rabu (01/01) pukul 09.00 WIB di enam wilayah Kecamatan Kabupaten Lebak, antaranya Kecamatan Sajira dan Sobang. Sebagian besar warga terdampak banjir masih bertahan di sejumlah Posko Bencana dan beberapa lokasi pengungsian.

“Selain menggunakan peralatan yang dimiliki satuan Brimob Banten,  bersama-sama membuat rakit guna membantu masyarakat yang menyeberang maupun sebagai sarana pendistribusian logistik, serta evakuasi,  karena jembatan akses penghubung dua desa di wilayah ini terputus,” tutur  Kombes Pol Dedi.

Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Edy Sumardi Priadinata, mengatakan, Personil Brimob, Polres Lebak sejak awal sudah bersama warga di lokasi banjir. Personil telah melakukan upaya upaya membuka akses jalan yg tertimbun longsor, mencari korban hilang, bersihkan puing puing rumah warga, serta melakukan pelayanan kesehatan di pengungsian,” katanya.

Menurut Edy,  pihak Polda banten menerjunkan 300 an personil yang terdiri dari Sat Brimob, Dit Samapta, Dit Polairud, Bid Dokkes, Bid Humas, Polres Lebak dan Polsek. Elain itu juga dibantu anggota dari Pemda setempat , SAR dan TNI.   “Polda Banten juga sudah menyediakan Dapur Umum untuk memberikan layanan makanan kepada warga di lokasi pengungsian serta memberikan layanan kesehatan.

Kapolda Banten Irjend Pol Drs. Tomsi Tohir, Msi memerintahkan Dansat Brimob untuk mengerahkan Mobil Dapur Lapangan bagi layanan para korban banjir yang mengungsi di Desa Sukarame, Kecamatan dan Kecamatan Sajira. Menurut Kapolda Banten, Melalui Kombes Pol Dedi Suryadi Sik, Mobil Dapur Lapangan ini di kerahkan dengan tujuan memberikan layanan dan membantu korban terdampak banjir, berupa penyediaan makan pagi, siang dan malam. Kegiatan ini merupakan upaya operasi kemanusiaan polri bagi masyarakat yang terdampak banjir. (Sumber Bid Humas Polda Banten/Red 01)

 

Related posts