leonews.co.id
Berita Pilihan

Dan SSK TMMD 106 Kodim 0603/ Lebak Sosialisasi Bank Sampah

LEBAK ( Leonews ) – Hal-hal sepele seperti membuang sampah sembarangan menandakan kita belum maju sehingga, sosialisasi tentang penangan sampah agar masyarakat tertib membuang sangat diperlukan. Demikian kata Komandan Satuan Setingkat Kompi (Dan SSK), Kapten Arm Nasori saat ditemui di lokasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 106 Kodim 0603/Lebak. Kamis (17/10).

Menurut Nasori, Membuang sampah sembarangan seperti membuangnya di sungai itu berakibat masyarakat yang dialiri tidak bisa menikmati air bersih melainkan mereka (masyarakat-red) hanya menerima limbahnya saja.

“Adapun sosialisasi dimulai dari Desa Cipadang, mengingat di Desa tersebut adalah titik nolnya TMMD dan mudah-mudahan masyarakat setempat tidak lagi membuang sampah sembarangan bahkan bila perlu justru sampah itu agar bisa diberdayakan seperti diadakannya Bank sampah,”terangnya.

Alhamdulillah lanjut Dan SSK TMMD ke 106 Kodim 0603/Lebak dari dinas lingkungan hidup Kabupaten Lebak juga tadi hadir. Begitu juga para tokoh masyarakat di Desa setempat.

“Masyarakat sangat antusias sekali tentang sosialisasi penanganan sampah karena selama ini sampah itu selalu dibakar atau dibuang sembarangan yang dampaknya lahan pertanian juga jadi banyak sampah,”jelasnya.

Mereka Kata Kapten Arm Nasori, akhirnya paham bahwa harus menyediakan tempat sampah agar tertib membuang sampah dan kemudian sampah tersebut bisa dikubur untuk dijadikan pupuk.

“Untuk sampah pelastik bisa juga didaur ulang sehingga bisa menjadi nilai ekonomis bagi masyarakat itu sendiri akhirnya bisa menambah penghasilan mereka,” pungkasnya.(RED)

Related posts