leonews.co.id
Berita Pilihan

590 Anggota Gabungan, Polisi – TNI Kawal Aksi FPUIB

KOTA SERANG (leonews.co.id) – Anggota Kepolisian Daerah (Polda) Banten  dan anggota TNI Batalyon yonif 320/BP melaksanakan Pengamanan Aksi Damai oleh Forum Persaudaraan Umat Islam Banten (FPUIB) di Kantor KPU Provinsi Banten, Senin (29/4/2019) Pukul 14.15 Wib. Pengamanan yang jumlahnya mencapai 591 personel itu, dipimpin oleh oleh Karo Ops Polda Banten, Kombes Pol Amiludin Roemtaat.

“Kami menurunkan Perwira Polres Serang Kota, Polwan Polres Serang Kota, Sat Lantas Polres Serang Kota, Sat Intelkam Polres Serang Kota, Sat Reskrim Polres Serang Kota, Sie Propam, Polsek Zona Polres Serang Kota, Sabhara Polda Banten 1 Kompi, Sat Brimob Polda Banten, Batalyon yonif 320/BP untuk melaksanakan pengamanan aksi damai  itu,” Kata Amiludin.

Setidaknya terdapat 100 orang massa yang tergabung dalam aksi menyuarakan perdamaian pemilu 2019 itu. Dalam melakukan aksi, sebagian anggota membawa  perlengkapan Poster bertuliskan “Pemilu Yang Jujur, Adil dan Transparan, Alat Pengeras Suara, Spanduk, dan Mobil komando.

Anggota Aksi Damai ini, dipimpin Ketua FPUIB Ustad Zaenal Mutaqin, didampingi Ketua FPI Kota Serang Ustad Nasehudin. Dalam aksi tersebut, Nampak Pimpinan Ponpes Al Islam Cipocok Jaya Ustad Enting Abdul Karim,  Pimpinan Ponpes Al Irsyad Waringin Kurung Ustad Bochori, Pimpinan Ponpes Al Bantani Dalung Ustad M. Shodiq, Pimpinan Ponpes Darussalam Kuranji Taktakan KH. Jawari, Pimpinan Ponpes Sabilulrahman Walantaka Ustad Opa Mustofa, Pimpinan Ponpes Ardaniah Taktakan Sudrajat Ardani, serta sejumlah tokoh islam lainnya.

Ketua FPI Kota Serang-Banten, Ustad Nasehudin dalam orasinya mengatakan,   pada 17 April 2019 saat penyelenggaraan Pemilu, rakyat Indonesia sudah melaksanakan hak konstitusional. Namun, dalam  perjalanannya sejak saat itu sampai saat ini di duga telah di totonkan kecurangan – kecurangan.

“Kami Mengharapkan KPU Provinsi Banten menyampaikan Pesan ke Pusat, agar segera stop kecurangan kecurangan pada saat pemilu 2019. Kami berharap  KPU Provinsi Banten, Tetap Profesional dan Jujur serta adil dalam menyelenggarakan Pemilu.

Kami ke sini akan menyampaikan aspirasi, kita hadir disini mengingatkan kepada penyelenggara pemilu untuk mengedepankan kejujuran dan berkeadilan serta profesionalisme,” katanya.

Perwakilan Aksi damai FPUIB tersebut, diantaranya Pimpinan Ponpes Al Islam Cipocok Jaya Ustad Enting Abdul Karim, Lc, Pimpinan Ponpes Sabilulrahman Walantaka Ustad Opa Mustofa, Mujahid 212 KH. Maruf, FPI Pandeglang Ust. Afan Ma’mun, Pimpinan FPI Prov. Banten KH. Fahruroji selanjutnya diterima oleh Ketua KPU Provinsi Banten, Wahyu Furqon, didampingi Kapolres Serang Kota AKBP Firman Affandi, Dandim 0602 Serang Letkol Inf Erwin  Agung.

Dalam audiensi itu, Ustad Enting Abdul Karim, menyampaikan bahwa kedatangan disini sebagai silaturahmi, disini mengingatkan bahwa KPU harus jujur dan adil. ” Kami kesini bukan untuk unjuk rasa namun untuk bersilaturahmi Sesuai dengan arahan Kapolres Serang kota Kami tidak mengirimkan banyak massa karena kami hanya memberikan suport kepada KPU.”katanya.

Sementara Ketua KPU Provinsi Banten Wahyu Furqon, mengaku bahwa Di Provinsi Banten insyallah tidak akan ada kecurangan. Masyarakat diminta harus bisa mengawal proses pada pemilu 2019 ini.

“Apabila ada yang salah pada saat proses pemilu maka berikan teguran kepada kami, kami rasa terbantu dan kami tidak akan merubah hasil dari pada hak masyarakat yang sudah menentukan hak pilihnya. Intinya bahwa apapun kami sebagai penyelenggara tidak ada hal main – main untuk rekap, sampai dengan saat ini pada PPK belum selesai dan apabila ada kesalahan maka silahkan di lihat C1 plano karena C1 plano bisa di dokumentasikan dan menjadi patokan hasil penghitungan pada saat berlangsung penghitungan di TPS, ” Kata Furqon.

Dalam Aksi tersebut FPUIB menyampaikan, KPU harus Jujur , Adil dan Transparan. Selain itu FPUIB juga menolak Pemilu Ulang dan menyerukan aparat keamanan harus bersikap netral tidak boleh condong terhadap satu pihak manapun dan harus ikut mengamankan Pemilu 2019 sampai Tuntas.

Sedangkan perwakilan dari keamamanan, disampaikan oleh Karo Ops Polda Banten, yang mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Banten yang sudah Ikut mewujudkan pemilu yang aman dan damai di Provinsi Banten. “Terimakasih juga disampaikan untuk para tokoh ulama,  yang telah bekerjasama dalam menjaga kedamaian terutama dalam aksi damai ini,” tuturnya. (Martin/Humas Polda Banten)

Related posts