leonews.co.id
Berita Pilihan

Presiden RI Jokowi Setujui  Anggaran PEN Tahun 2022 Senilai Rp. 451 T 

Share this article

JAKARTA (leonews.co.id) – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) menyiapkan anggaran Rp. 451 Triliun untuk program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Tahun 2022. Anggaran tersebut akan digunakan pemerintah untuk memperluas program Bantuan Sosial (Bansos) dalam bentuk tunai.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, jumlah peserta yang akan mendapatkan bantuan tunai sebanyak 2,75 juta orang. “Masyarakat yang berhak mendapatkan Bansos dari pemerintah terdiri dari Pedagang Kaki Lima (PKL), Pemilik Warung hingga Nelayan,” katanya dalam siaran pers Senin (17/1/2022).

Masyarakat akan menerima bantuan tunai senilai Rp. 600.000 per orang. “Presiden menyetujui untuk front loading Bansos, perluasan program bantuan tunai untuk masyarakat yang berhak menerimanya,” ujarnya.

Menurut Airlangga, jumlah peserta diperkirakan mencapai 2,76 juta orang, Bansos yang diberikan Rp. 600.000 per penerima, adapun rincian penerima yaitu, satu juta PKL dan Pemilik Warung dan sisanya 1,76 juta nelayan. “Ini akan segera dilaksanakan dan bapak presiden setuju bahwa untuk perlindungan sosial akan dilakukan front loading di kuartal pertama,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama Airlangga mengingatkan masyarakat untuk menahan diri untuk berpergian ke luar negeri, bila tidak ada kepentingan mendesak. “Berdasarkan simulasi yang ada ini, akan ada potensi kenaikan kasus Covid-19 Varian Omicron dalam 1 sampai 2 bulan ke depan,” ucap Airlangga. (Haeqal/Red02)


Share this article

Related posts