leonews.co.id
Berita Pilihan

Wagub Banten Minta Atensi Khusus Industri Soal Penyerapan Tenaga Kerja Lokal

Share this article

SERANG (leonews.co.id)  – Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy melakukan kunjungan kerja ke sejumlah industri di Kabupaten Serang, Senin (8/11). Dalam kunjungannya Andika menekankan penyerapan tenaga kerja lokal wajib menjadi perhatian utama industri di Banten.

“Pada kesempatan ini, saya mewakili Pemprov Banten meminta manajemen di sini Gemilang membantu pemerintah daerah dengan melakukan penyerapan tenaga kerja lokal secara maksimal,” kata Andika kepada jajaran PT Nikomas Gemilang yang menerimanya. Permintaan serupa disampaikan Andika, kepada manajemen PT Parkland Word Indonesia II dan PT Leung Chong Indonesia yang dikunjungi berikutnya.

Dikatakan Andika, kondisi pandemi Covid 19 selama hampir dua tahun terakhir ini telah membuat angka pengangguran di Indonesia meningkat, termasuk di Banten. Untuk itu, dirinya meminta atensi khusus dari kalangan industri untuk membantu persoalan tersebut dengan melakukan perekrutan tenaga kerja lokal. Menurut Andika, saat ini situasi pandemi relatif berangsur membaik, yang secara tidak langsung telah membuat perekonomian juga kembali berangsur membaik. “Industri diharap kembali melakukan perekrutan, dan secara khusus saya minta prioritaskan tenaga kerja lokal,” imbuhnya.

Meski begitu, kata Andika, industri juga diminta untuk tidak lengah kaitannya dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19z Andika mengapresiasi ketiga industri yang dikunjunginya yang melaporkan kepada dirinya bahwa mereka telah menerapkan protokol kesehatan secara ketat dalam mereka melakukan kegiatan produksi dan perkantoran sejak pemerintah menerapkan kebijakan penanggulangan Covid-19 melalui kewajiban prokes.

Tidak hanya cukup menerima laporan, Andika pun merasa perlu untuk meninjau ke area pabrik di tiga industri yang dikunjunginya. Di sana Andika menyaksikan para pekerja secara tertib mengenakan masker dan memberlakukan jaga jarak dalam bekerja.

Lebih jauh Andika juga menanyakan terkait perkembangan vaksinasi Covid-19 di tiga industri yang dikunjunginya. Menurutnya, capaian target vaksinasi di Provinsi Banten saat ini sudah mencapai 72 persen untuk dosis ke-1. Namun demikian untuk dosis kedua masih di kisaran angka 30 persen. “Untuk itu secara khusus saya juga meminta industri membantu target pemerintah daerah terkait angka vaksinasi ini,” kata Andika.

Namun demikian, Andika mengapresiasi tiga industri yang dikunjunginya yang masing-masing melaporkan melalui data dan tayanyan video kegiatan, bahwa mereka telah melakukan vaksinasi kepada para karyawannya di kisaran angka 80-90 persen untuk masing-masing dosisnya.

Kepada ketiga industri yang dikunjunginya, Andika juga menjamin Pemprov Banten akan menjaga iklim investasi di Banten agar tetap kondusif. “Karena ini kan saling berkaitan. Iklim investasi kondusif, penyerapan tenaga kerja tinggi. Jadi kalau ada masalah terkait investasi langsung lapor ke saya,” kata Andika.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pemprov Banten Alhamidi yang mendampingi Andika, mengaku kunjungan kerja Andika tersebut sengaja dilakukan sebagai tindak lanjut dari kegiatan pengawasan tenaga kerja yang sebelumnya dilakukan pihaknya. “Di kami kan ada yang melakukan pengawasan tenaga kerja yang secara rutin ke industri-industri. Pak Wagub di kesempatan ini ingin meninjau langsung sekaligus juga menyampaikan apa yang jadi kebijakan pemerintah di masa pandemi ini,” kata Alhamidi. (Biro Adpim Setda Prov Banten/Red02)

Beni Ismail, S.STP, M.Si
NIP. 197609051996021002
Pembina Utama Muda (IV/c)


Share this article

Related posts