leonews.co.id
Berita Pilihan

Ratu Tatu: Banten Miliki Empat UDD Pelayanan Donor Plasma Konvalesen 

Share this article

SERANG (leonews.co.id) – Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Serang meluncurkan pelayanan donor plasma konvalesen secara virtual, Selasa (10/8/2021). Peluncuran dilakukan Ketua PMI Provinsi Banten sekaligus Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah.

“Kita patut bersyukur atas launching donor plasma di UDD PMI Kabupaten Serang. Berarti saat ini di Banten ada empat UDD PMI yang bisa melakukan donor plasma konvalesen,” kata Tatu melalui keterangan tertulis.

Tiga UDD yang lebih dulu telah melakukan pelayanan plasma yakni, PMI Kota Tangerang, PMI Kabupaten Tangerang, dan PMI Kota Tangerang Selatan. “Kita berharap dengan bertambahnya UDD yang melaksanakan donor plasma, maka akan dapat memenuhi kebutuhan plasma yang saat ini sedang meningkat,” ujarnya.

Tatu mengungkapkan, dari tiga UDD yang telah lebih dulu melakukan pelayanan, telah didistribusikan5.385 kantong plasma konvalesen. Dengan perincian, golongan darah A sebanyak 1.463 kantong, golongan darah B sebanyak 1.515 kantong,golongan darah O sebanyak 2.051 kantong, dan golongan darah AB sebanyak 356 Kantong.

“Bukan hanya untuk kebutuhan masyarakat yang terinfeksi Covid-19 di Banten, juga dikirim ke seluruh Tanah Air. Bahkan hingga ada pemesanan dari Papua,” ujarnya.

Menurut Tatu, plasma konvalesen efektif sebagai terapi alternatif penyembuhan bagi pasien Covid-19 yang bergejala sedang hingga berat. “Saya mengajak semua para penyintas Covid-19 yang sudah sembuh untuk dapat mendonorkan plasmanya. Kita bantu saudara kita yang sedang berjuang sembuh dari Covid-19. Insya Allah, semua menjadi pahala kebaikan,” ujarnya.

Tatu juga meminta pemerintah daerah di Banten untuk membantu memaksimalkan donor plasma konvalesen. Bersama dengan PMI mengkampanyekan donor plasma konvalesen kepada para penyintas Covid-19. “PMI berkomitmen dan sudah menjadi tugas utama, membantu pemerintah dalam pelayanan kepalangmerahan. Bersama-sama melawan pandemi,” ujarnya.

Ketua PMI Kabupaten Serang Fahmi Hakim mengatakan, pihaknya terus melakukan ikhtiar untuk penguatan terhadap pencegahan dan juga penyelamatan bagi masyarakat terpapar Covid-19. Salah satunya melalui donor plasma konvalesen yang sekarang bisa dilakukan di UDD PMI Kabupaten Serang.

Ia mengatakan, pelayanan donor plasma konvalesen bisa dilakukan untuk masyarakat dari Kota Serang, Kabupaten Serang, Kota Cilegon, Kabupaten Pandeglang, dan Kabupaten Lebak. Selama ini, pelayanan donor plasma dilakukan di wilayah Tangerang. “Sesuai arahan Ibu Bupati Serang, kami UDD PMI Kabupaten Serang berupaya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Kita ikhtiar bersama melawan pandemi Covid-19,” ujarnya.(*)


Share this article

Related posts