leonews.co.id
Berita Pilihan

Walikota Serang, Didesak Tutup Usaha Ternak Ayam

Warga Lingkungan Kalak, RT 03/01 Kelurahan Lebak Wangi, Kota Serang Sedang melakukan rapat membuat usulan agar Walikota Serang, menutup usaha ternak ayam di wilayahnya. (Foto Agus Warga)
Share this article

KOTA SERANG (leonews.co.id) – Warga RT 03/01, Kelurahan Lebak Wangi, Kecamatan Walantaka, Kota Serang, mendesak Pemerintah Kota setempat, menutup usaha ternak ayam yang berada di lingkungan mereka. Keputusan tersebut, dilakukan setelah seluruh warga terdiri dari ibu-ibu dan bapak-bapak melakukan pertemuan di sekretariat Rukun Tetangga (RT) 03/01, Minggu 11 April malam.

Ketua RT 03/01 Purnawijaya mengatakan, alasan desakan penutupan tersebut, karena warga merasa terganggu dengan banyaknya lalat yang masuk ke lingkungan perumahan penduduk. “Sebenarnya upaya penghentian operasional usaha ternak ayam tersebut sudah ditolak warga sejak lama,” katanya.

Dia menjelaskan, selain bau tidak sedap yang muncul dari kandang ayam milik PT Rama Jaya tersebut, lalat yang berterbangan dari kandang ayam – berkerumun di sajian makanan rumah-rumah penduduk. “Bahkan lalat juga sampe masuk ke penggorengan, saat ibu-ibu sedang masak,” tuturnya.

Menurut Purna, setelah pertemuan itu warga berencana membuat surat pengaduan resmi kepada Walikota Serang dan Kapolres.

Djamaludin salah seorang pedagang gado-gado dan nasi uduk yang berada di lokasi yang sama, mengaku sangat dirugikan dengan adanya usaha ternak ayam tersebut. “Secara ekonomi usaha saya sangat dirugikan. Karena banyak calon pembeli batal, akibat banyaknya lalat yang berkerumun dan masuk ke dalam lemari makanan,” tegasnya, seraya mengatakan mungkin mereka jijik melihat lalat yang sangat banyak berkerumun.

Sementara itu Ruhijat, salah seorang tokoh masyarakat setempat – mengaku merasa malu dengan banyaknya lalat yang berkerumun. “Terutama saat kedatangan tamu ke rumah. Lalat berkerumun di gelas-gelas air yang dihidangkan untuk tamu,” tuturnya.

Ruhijat yang mantan Kepala Desa ini menyebutkan, terkadang lalat masuk ke dalam gelas tamu sebelum sempat diminum. “Untuk upaya warga melakukan desakan kepada Bapak Walikota Serang, agar menutup usaha ternak ayam itu, saya sangat setuju dan mendukung,” katanya.

Sedangkan nyonya Rika, salah seorang warga lainnya melihat masalah usaha ternak ayam itu, dari sudut pandang kesehatan. Dia menyebutkan, dipandang dari sudut kesehatan, dampak dari usaha ternak ayam tersebut sangat mengancam kesehatan warga, terlebih kepada anak balita di masa pandemic saat ini.

Untuk diketahui, lingkungan Kalak, RT 03/01 Kelurahan Lebak Wangi, Kecamatan Walantaka merupakan peraih ke tiga lomba Kampung Bersih Lan aman tahun 2020 untuk tingkat Kota Serang. (Red 01)


Share this article

Related posts