leonews.co.id
Berita Pilihan Peristiwa

Ormas Satgas Banten: Calon Kepala Desa Harus Usung Pembangunan

LEBAK (leonews.co.id) – Rusaknya sejumlah infrastruktur jalan di Kampung Pasir Gendok sampai dengan Kampung Sasak, Desa Bojongleles, Kecamatan Cibadak menjadi perhatian serius masyarakat. Mereka yang sehari-hari melewati ruas jalan merasa prihatin dan kecewa terhadap kondisi jalan yang semakin rusak parah, pada Minggu (22/11/2020).

Sekretaris Ormas Satgas Banten Kesenian Tari dan Silat (Kesti) Tjimande Tari Kolot Kebon Djeruk Hilir (TTKKDH) Padepokan Macan Gorek, Desa Bojongleles, Angga Purnama menjelaskan bahwa infrastruktur jalan adalah salah satu cerminan keberhasilan dalam pembangunan.

“Jika infrastruktur bagus, masyarakat menilai bahwa kinerja pemimpin Kepala Desa pasti bagus. Namun sebaliknya jika infrastrukturnya jelek maka kepemimpinannya patut kita pertanyakan,” ucapnya.

Ia juga menjelaskan bahwa menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Bojongleles, Kecamatan CIbadak. Kabupaten Lebak pada tahun 2021 (mendatang) yakni pada periode 2021-2027, sejumlah kandidat sudah bermunculan. Baik dari kalangan aktivis, wartawan, pengusaha, maupun incumbent. Namun dari sejumlah calon yang ada belum terlihat arah gagasannya untuk membangun Desa Bojongleles terutama pada sisi pembangunan infrastruktur maupun pembangunan SDM.

“Kami dari Ormas Satgas Banten Kesti TTKKDH Padepokan Macan Gorek Desa Bojongleles meminta para calon Kepala Desa untuk fokus mengusung gagasan pembangunan terutama dalam memajukan Desa Bojongleles kedepannya, dan kami berharap kepada calon jangan menciptakan nuansa situasi panas dalam menjelang Pilkades Bojongleles,” cetusnya.

“Kondisi infrastruktur yang semakin rusak seharusnya ada tindakan nyata. Kami berharap pemimpin Kepala Desa Bojongleles kedepan mampu membangun Bojongleles lebih baik lagi,” pungkasnya.

Angga juga berharap pembangunan ke depan tidak saja berorientasi kepada pembangunan infrastruktur saja melainkan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) juga wajib ditingkatkan.

“Pemimpin Kepala Desa Bojongleles ke depan harus memperhatikan arah kebijakan pada seni budaya seperti Pencaksilat, olahraga, keagamaan, dan lain-lain tentunya yang bernilai positif,” harapnya.

Dihubungi terpisah, melalui telepon, Camat Cibadak, Rully Edward, S.Sos., M.Si., memberikan komentar prihal situasi memanas. Ia menjelaskan bahwa alangkah baiknya para kandidat dan para calon bersatu saling bahu membahu dalam menghadapi Covid-19.

“Apalagi tahapan Pilkades kan masih belum keluar Perbup nya, jadi kepada para Calon kepala Desa lebih baik kita sama-sama bahu membahu dan fokus untuk mengatasi pandemi Covid-19,” ucapnya.

Ia juga menambahkan bahwa prihal permasalahan jalan dan infrastruktur yang rusak banyak dana yang teralihkan kepada bantuan sosial. “Saya setuju dengan pernyataan Ormas tersebut. Namun yg terpenting saat ini adalah jaga kondusifitas wilayah Desa Bojongleles karena saat ini kita sedang menghadapi pandemi covid 19 dimana pemerintah Pusat sampai Desa berkonsentrasi untuk penanganan pandemi ini,” tutupnya. (Iim)

Related posts