leonews.co.id
Berita Pilihan Parlementaria

Tim Desk Pilkada Kabupaten Serang Fokus Tingkatkan Partisipasi Masyarakat

SERANG (leonews.co.id) – Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Serang Ade Ariyanto memastikan jika Tim Desk Pilkada Kabupaten Serang Fokus pada peningkatkan partisipasi masyarakat. Disamping itu juga, bisa menciptakan pilkada yang sehat di masa pandemi covid-19.

“Pokoknya kita fokus sesuai dari awal pilkada sukses sesuai tahapan plus sehat di masa pandemi (covid-19). Selain kita mengejar sehat, juga ingin mendongkrak angka partisipasi pemilih mudah-mudahan meningkat. 60 persen sepertinya berat dimasa pandemi ini. Jadi betul-betul fokus kami suport masyarakat yang punya hak pilih,”ujar Ade.

Hal itu disampaikan Ade, usai memimpin Rapat Tim Desk Pilkada Kabupaten Serang Tahun Anggaran 2020 di Aula KH Syam’un yang di gelar Bagian Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), turut mendampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Tubagus Entus Mahmud Sahiri, Asda I Bidang Administrasi Pemerintahan, Nanang Supriyatna, Sekretaris KPU Kabupaten Serang, Mulyadi, para kepala organisasi perangkat daerah (OPD), perwakilan dari TNI dan Polri pada Rabu, 4 November 2020.

Terkait pilkada sehat, sambung Ade, merupakan salah satu fokus Tim Desk juga agar tidak bosan mengingatkan masyarakat untuk menerapkan 3 M yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. “Kita juga akan membantu merapid test petugas KPPS, sebagai upaya jangan sampai ada klaster baru,”katanya.

Terkait rapat yang dilaksanakan, lanjut Ade, untuk melakukan evaluasi kesiapan-kesiapan tahapan pilkada meski Tim Desk Pilkada Kabupaten Serang bukan penyelenggara. Namun sifatnya, menyuport penyelenggara baik KPU dan Bawaslu untuk memfasilitasi kekurangan yang yang dialami. “Sifatnya kita hanya support, tapi bukan penyelenggara,”terang Ade.

Disisi lain juga, sebut Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Banten ini bahwa rapat yang dilaksanakan untuk persiapan akan dilaksanakannnya simulasi Pemilihan Calon Bupati-Wakil Bupati Serang periode 2021-2026 pada tanggal 21 November 2020. “Dari simulasi yang akan dilaksanakan di Kecamatan Jawilan itu terlihat apa saja yang kurang,”jelas Ade.

Sekda Kabupaten Serang, Tubagus Entus Mahmud Sahiri menambahkan pada dasarnya Tim Desk Pilkada Kabupaten Serang dituntut untuk berperan aktif menyukseskan Pilkada yang akan dihelat 9 Desember 2020.

“Selain memfasilitasi KPU, Bawaslu kita juga sudah melaksanakan tupoksi untuk mengindentifikasi, koordinasi potensi kerawanan bisa kita antisipasi untuk tidak menghambat dan menggagalkan pilkada. Selain itu, bagaimana bisa menciptakan pilkada yang jurdil dan luber,”ujarnya.(Diskominfo)

Related posts