leonews.co.id
Berita Pilihan Parlementaria

Sekretariat MP2D Kabupaten Lebak Diresmikan Langsung Oleh Kakanwil BPN Provinsi Banten

Spread the love

LEBAK ( leonews.co.id) – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Banten Andi Tenri Abeng meresmikan Sekretariat Majelis Pembina dan Pengawas Pejabat Pembuat Akta Tanah Daerah (MPPD) Kabupaten Lebak Kamis (22/10/2020). Kegiatan tersebut dilakukan di Jalan Otto Iskandardinata Nomor 68 B, Rangkasbitung, Lebak, Banten.

Dalam sambutannya Tenri mengucap bismillahirrahmanirrahim Sekretariat MPPD Kabupaten Lebak di resmikan. “Setelah diresmikan dapat dipergunakan dengan baik,” jelasnya.

Tenri Abeng menandatangani prasasti peresmian didampingi Kepala Bidang Hukum Pertanahan Nugraha. Dalam kegiatan tersebut dihadiri Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Lebak yang juga Ketua MPPD Agus Sutrisno, Ketua Pengurus Daerah Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah Kabupaten Lebak John Heri Azmi, anggota MPPD Kabupaten Lebak, Kepala Subseksi Pemeliharaan Data Hak Tanah dan Pembinaan PPAT Kantor Pertanahan Kabupaten Lebak Suharjo dan Bronto Hartono.

Menurut Tenri Abeng, ada tiga Sekretariat Majelis Pembina dan Pengawas Pejabat Pembuat Akta Tanah di Provinsi Banten, masing-masing Sekretariat Majelis Pembina dan Pengawas Pejabat Pembuat Akta Tanah Wilayah Provinsi Banten, MPPD Kabupaten Tangerang dan MPPD Kabupaten Lebak. “Saya berharap peresmian MPPD Kabupaten/Kota dapat segera direalisasikan,” tutur Tenri.

Tambah Tenri, MPPD dapat menggugah rekan-rekan PPAT menyadari kewajibannya. “PPAT se-Provinsi Banten sebanyak 1.638 dan lebih dari 480 Pejabat Pembuat Akte Tanah (PPAT) tidak melakukan kewajiban pelaporannya dalam bulan Agustus-September,” tambah Abeng.

Tenri menegaskan, PPAT dimasa Pandemi saat ini berkewajiban menyampaikan laporannya, sekalipun tidak ada akta pembuatan sertifikat Tanah. “PPAT tidak meminjamkan login pada aplikasi Mitra Kerja ATR/BPN karena dapat disalahgunakan,” Himbau Tenri.

Tenri berpesan, MPPD dalam tugasnya lebih mendengar keluhan dari PPAT sehingga dapat merangkul, mengedepankan pembinaan dibanding punisment nya, dan dapat melakukan kegiatan menggalang persatuan PPAT se-Kabupaten Lebak yang berjumlah 70.

Saat ini Kanwil BPN Provinsi Banten sedang bebenah menuju ke pelayanan digital. Ada empat layanan digital diantaranya, Pengecekan, Hak Tanggungan, Surat Keterangan Pendaftaran Tanah (SKPT) dan Zona Nilai Tanah (ZNT). Pelayanan digital itu sudah dilaksanakan.

Tenri mengajak seluruh PPAT melalui IPPAT dan MPPD untuk memberikan masukan kepada kantor pertanahan , disampaikan ke grup-grup PPAT-BPN sehingga dapat dilakukan pembenahan.

Informasi tambahan tugas MPPD diatur dalam Pasal 5 dan 8 Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 2 Tahun 2018 tentang Pembinaan dan Pengawasan Pejabat Pembuat Akta Tanah. Yakni dengan bentuk pembinaan, diantaranya penyampaian kebijakan yang telah ditetapkan oleh Menteri ATR/Kepala BPN, sosialisasi kebijakan dan peraturan perundang-undangan pertanahan, pemeriksaan secara periodik dan pembinaan terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi PPAT sesuai kode etik.

Pengawasan terhadap pelaksanaan jabatan PPAT dan penegakan aturan hukum sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang PPAT. (Sumber Humas BPN)

Related posts