leonews.co.id
Berita Pilihan Kabar 34 Provinsi

Peduli Sesama, Kanwil BPN Banten Selenggarakan Aksi Donor Darah dan Bakti Sosial Di Tengah Pandemik Covid-19

SERANG (leonews.co.id) – Ketakutan penyebaran Covid-19 telah berimbas terhadap berbagai hal. Salah satu yang cukup terimbas adalah Palang Merah Indonesia, dimana menurut informasi saat ini stok darah yang dimiliki oleh PMI semakin menipis.

Hal ini terjadi sejak diterapkannya kebijakan social distancing guna memutus rantai penyebaran Covid-19 yang menyulitkan pihak PMI dan pendonor untuk melakukan kegiatan donor darah. Dalam wujud kepedulian terhadap sesama serta dalam rangka membantu pihak PMI untuk memenuhi stok darah yang dibutuhkan, Kanwil BPN Banten bekerja sama dengan pihak PMI untuk melaksanakan kegiatan donor darah, yang diikuti oleh Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Banten Andi Tenri Abeng beserta pegawai BPN yang telah memenuhi syarat sebagi pendonor. Kegiatan donor darah diselenggarakan di Kantor Wilayah BPN Provinsi Banten, Selasa (21/04/2020).

Hal tersebut diungkapkan pula oleh Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Banten, Andi Tenri Abeng bahwa kegiatan donor darah ini dilaksanakan sebagai wujud rasa kemanusiaan untuk membantu PMI memenuhi stok darah yang semakin menipis semenjak mewabahnya Covid-19. Dimana Covid-19 telah menciptakan kekalutan dan kegelapan global. Virus maut ini mengguncang semua sendi kehidupan manusia.

Berbagai sektor kehidupan manusia terkena dampaknya, salah satu dampaknya adalah berkurangnya jumlah pendonor yang ingin mendonasikan darahnya. Oleh karena itu gerakan positif seperti ini sangat membantu pihak PMI terlebih kepada pasien yang sedang membutuhkan donor darah. Karena selain Covid-19 yang telah banyak menyerang kesehatan manusia, masih banyak penyakit lain yang memerlukan pertolongan untuk penyembuhan melalui donor darah, seperti hal nya Demam Berdarah atau biasa disebut DBD dan lain sebagainya.

“Sebagai wujud rasa kemanusiaan, mari kita bantu PMI untuk memenuhi stok darah yang dibutuhkan. Donor darah merupakan salah satu cara untuk hidup sehat, karena dengan menjadi pendonor darah maka kesehatan akan lebih terjaga selain dengan aktivitas olahraga. Dengan donor darah kita juga tahu seperti apa kondisi kesehatan kita. Hal ini dapat membantu orang lain sekaligus menjaga kesehatan tubuh kita masing-masing,” ungkap Andi Tenri Abeng.

Sebelum mendonorkan darah, para calon pendonor harus mengikuti prosedur yang telah ditetapkan khususnya dalam kondisi wabah Covid-19 saat ini, maka pelaksanaannya tetap dilakukan dengan menjaga jarak, tetap menjaga kebersihan, memakai masker selama kegiatan berlangsung serta mengikuti protokol lainnya guna mencegah penyebaran Covid-19.

Dengan setetes darah yang disumbangkan sangat besar artinya bagi sesama kita yang sedang membutuhkan pertolongan serta dapat menyelamatkan jiwa orang lain. Oleh karena itu, kegiatan donor darah ini diharapkan tidak berhenti sampai hari ini namun dapat dilakukan secara rutin. Melalui kegiatan donor darah ini, diharapkan tumbuhnya semangat dan kesadaran dalam diri masing-masing akan pentingnya persaudaraan dan saling tolong-menolong antar sesama manusia.

Selain kegiatan donor darah ini, Kantor Wilayah BPN Provinsi Banten juga melaksanakan bakti sosial dengan menyumbangkan masker dan sembako kepada para wartawan dan pegawai internal BPN yang membutuhkan. Andi Tenri Abeng mengingatkan kepada para pegawai BPN yang memiliki pendapatan lebih untuk berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan dengan mengirimkan donasi ke rekening Banten Peduli yang telah disediakan.

“Bakti sosial merupakan kegiatan yang mulia dan wajib kita laksanakan sebagai wujud kepedulian kita kepada saudara-saudara yang membutuhkan, dan dalam rangka ikut serta meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, oleh karena itu bagi yang memiliki pendapatan lebih, mari kita sisihkan sebagian kepada saudara kita yang membutuhkan,” ungkap Andi Tenri Abeng.

Andi Tenri Abeng juga mengungkapkan bahwa sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan. Andi Tenri Abeng mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa bagi jajaran Kanwil BPN Provinsi Banten.

“Mari mantapkan hati, ikhlaskan diri dan yakini bersama bahwa berada di rumah dan beribadah di rumah selama Ramadhan adalah sebuah keharusan dan pilihan yang harus kita ambil guna mencegah penyebaran Covid-19, kiranya kita semua diberikan kemampuan menjalankan ibadah puasa dengan baik, mendapatkan pencerahan budi dan kejernihan pikiran dalam menjalankan ibadah puasa dan tetap berfikir positif . Selamat menjalankan ibadah puasa, Mohon maaf lahir dan batin, Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT,” tutup Andi Tenri Abeng. (ITR/NR/DR)

SUMBER :ATR/ BPN BANTEN

Related posts